Film drama pemenang Sundance "Minari" diprediksi masuk nominasi Oscar

Film drama pemenang Sundance "Minari" diprediksi masuk nominasi Oscar

Cuplikan film "Minari" (2020). (A24)

Jakarta (ANTARA) - Film drama pemenang "Grand Jury Prize and the Audience Award" di Festival Film Sundance 2020, "Minari", diprediksi akan menjadi salah satu kandidat kuat untuk masuk ke jajaran nominasi film terbaik Academy Awards 2021 (Oscar).

Trailer resmi pertama untuk film yang digarap oleh Lee Isaac Chung, juga baru diluncurkan pada Rabu (30/9) malam oleh studio A24, studio yang menggarap film-film seperti "The Lighthouse" hingga "Hereditary".

Chung, yang juga menulis naskah yang terinspirasi oleh masa kecilnya sendiri, menceritakan kisah tentang keluarga Korea-Amerika yang pindah ke sebuah pertanian kecil di Arkansas untuk mencari peluang yang lebih baik.

Baca juga: Film dokumenter Taylor Swift tayang perdana di Sundance Film Festival

Baca juga: "Perempuan Tanah Jahanam" tembus Festival Film Sundance 2020


Dibagi antara bahasa Korea dan Inggris, trailer tersebut menyoroti dan menekankan kehidupan dan dinamika keluarga yang diperankan oleh Steven Yeun, Yeri Han, Alan Kim, Noel Kate Cho, Yuh-Jung Youn, dan Will Patton.

Studio A24 belum menentukan tanggal film tersebut tetapi berencana untuk merilisnya sebelum tenggat waktu kelayakan Academy Awards pada 28 Februari 2021.

Studio, yang memenangkan Oscar untuk film terbaik melalui "Moonlight" (2016), berkomitmen untuk mengadakan kampanye penghargaan untuk beberapa kategori utama termasuk film terbaik, sutradara, skenario asli, dan aktor terbaik untuk Steven Yeun.

Representasi Asia dalam kategori akting di Academy Awards sendiri juga sudah mulai menggaung. Awal tahun ini, "Parasite" (2019) mengukir sejarah dengan menjadi pemenang gambar terbaik bahasa asing pertama.

Terlepas dari pertunjukan yang kuat, tidak ada pemeran film yang menerima nominasi akting. Ini adalah kasus yang sama dengan "Slumdog Millionaire" tahun 2008, yang sebagian besar menampilkan pemeran India.

Sampai saat ini, hanya ada empat aktor keturunan Asia yang memenangkan Academy Awards (Yul Brynner untuk "The King and I" dan Ben Kingsley untuk "Gandhi" dengan aktor terbaik, Haing S. Ngor untuk "The Killing Fields" sebagai aktor pendukung dan Miyoshi Umeki untuk "Sayonara" dalam aktris pendukung).

Film ini diproduksi oleh pemenang Oscar Dede Gardner, Jeremy Kleiner dan Christine Oh. Beberapa tim teknis termasuk komposer Emile Mosseri, sinematografer Lachlan Milne dan editor Harry Yoon.

Film ini akan diputar di Festival Film Hamptons and Middleburg mendatang.

Baca juga: Festival Film Sundance 2021 hanya akan dihelat selama seminggu

Baca juga: Palm Springs International Film Festival dihelat Februari 2021

Baca juga: Ethan Hawke bertransformasi jadi Nikola Tesla di film "Tesla"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Film Kado, maju di Sundance Film Festival

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar