Jakarta (ANTARA News) - Pelatih ganda putri Pelatnas, Aryono Miranat, akan memecah dua ganda utama, Greysia Polii/Nitya Krishinda (peringkat sembian dunia) dan Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari (peringkat 10) pada turnamen all England pekan depan.

"Tujuannya ingin mencari pasangan yang lebih baik lagi, sebenarnya mereka sudah bagus. Dan kalau berhasil mereka akan diproyeksikan sampai Olimpiade (2012)," ujar Aryono di Jakarta, Selasa.

Pada penyelenggaraan All England ke-100 yang akan berlangsung di Birmingham, Inggris, 9-14 Maret, Greysia akan berpasangan dengan Meiliana sedangkan Shendy berduet dengan Nitya.

"Pada kualifikasi Piala Uber zona Asia pekan lalu, Greysia/Meiliana sudah dicoba dan hasilnya cukup bagus," tambah Aryono.

Greysia/Meiliana berhasil menyumbang angka bagi tim Uber Indonesia saat menghadapi Korea dalam penentuan juara Grup X dengan menang dua game langsung atas Kim Min Jung/Ha Jung Eun 21-15, 21-14.

Mereka juga kembali menyumbang angka dengan menundukkan pasangan Lee Kyung Won/Ha Jung Eun 21-14, 21-12 meskipun akhirnya Indonesia kalah 2-3 dari Korea pada final kualifikasi.

Mengenai pasangan Shendy/Nitya, Aryono mengatakan, pasangan tersebut belum pernah dicoba di ajang internasional maupun nasional. "Pada saat Kejurnas Nitya tidak bisa main karena cedera sehingga mereka belum pernah dicoba," katanya.

Ditanya soal target bagi kedua pasangan itu di All England, Aryono tidak muluk-muluk. "Yang jelas mencari poin, jika hasilnya positif akan terus sampai Olimpiade, tetapi kalau hasilnya buruk akan dikembalikan ke pasangan semula karena mereka sudah punya poin," jelasnya.

Pada turnamen tertua yang diselenggarakan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) itu, Greysia/Meiliana akan mengawali langkah mereka dengan melawan unggulan eempat asal Malaysia Chin Eei Hui/Wong pei Tty sedangkan Shendy/Nitya bertemu pasangan India Jwala Gutta/Ashwini Ponnappa.

Menuurt Aryono, All England akan menjadi satu-satunya turnamen Super Series yang diikuti atlet Pelatnas karena mereka batal mengikuti Swiss Terbuka Super Series yang berlangsung 16-21 Maret di Basel.
(T.F005/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010