London (ANTARA/AFP) - Pasar saham Eropa ditutup lebih tinggi pada Selasa, di tengah tumbuhnya optimisme bahwa solusi akan ditemukan untuk masalah utang Yunani dan karena Wall Street memperpanjang keuntungannya, kata para dealer.

Mereka mengatakan berita bahwa Athena akan mengumumkan serangkaian tindakan baru pada Rabu untuk mengekang defisit publik dan utang membantu sentimen, menunjukkan bahwa Uni Eropa akan kembali ke Yunani untuk menemukan jalan keluar dari krisis yang mengancam kredibilitas zona euro.

Sebuah dorongan mantap dari New York di mana investor menyambut dorongan baru aktivitas pengambilalihan -- selalu memimpin perdagangan yang kuat -- membantu pasar di Eropa siang setelah mereka mendapat awal yang baik dari keuntungan di pasar Asia sebelumnya.

Di London, indeks utama FTSE 100 ditutup naik 1,45 persen pada 5.484,06 poin. Di Paris, indeks CAC 40 naik 1,12 persen pada 3.811,92 poin dan di Frankfurt, indeks DAX naik 1,10 persen menjadi 5.776,56 poin.

Di Wall Street, saham blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 0,43 persen pada sekitar 1700 GMT.

Dealer mengatakan pasar mempertahankan sikap bullish setelah menerima pembesar hati dari serangkaian merger dan akuisisi besar minggu ini, termasuk langkah Prudential 35,5 miliar dolar di unit Asia AIG.

Pada Selasa, produsen pupuk CF Industries membuat tawaran baru untuk pesaing Terra Industries dalam sebuah kesepakatan senilai hampir lima miliar dolar.

"Sementara ukuran keseluruhan dari kesepakatan CF-Terra tidak signifikan pada 4,73 miliar dolar, yang mirip sebuah perang dari penawaran yang mendorong penanda pemulihan untuk pelaku pasar saham," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

Dia mengatakan harapan kemajuan pada masalah-masalah Yunani menawarkan dukungan tambahan.

Di London, analis GFT, David Morrison, mengatakan "Yunani masih menjadi masalah -- meskipun ada harapan lebih lanjut langkah-langkah penghematan yang diambil karena negara kesulitan dengan defisit anggaran dan utang publik.

"Namun, masih ada kekhawatiran bahwa negara-negara Eropa lainnya rentan -- Spanyol, Portugal dan Italia pada khususnya."

Defisit Yunani lebih dari empat kali batas yang diizinkan Uni Eropa, pada perkirakan 12,7 persen dari produk domestik bruto.

"Pedagang merasa bahwa Yunani akan menggigit peluru, meskipun semua bak berdebar retorika dan menyebut nama buruk," kata Morrison.

"Tapi benar-benar menerapkan pemotongan bisa membuktikan hal mustahil -- dan itu apa yang menggoyahkan dan mempengaruhi pasar."

Di London saham bank pulih setelah kerugian pada Senin dipimpin oleh raksasa perbankan global HSBC setelah hasilnya pada 2009 mengecewakan.

Operator pasar berkembang Standard Chartered melonjak 4,23 persen, RBS naik 2,86 persen. HSBC mantap setelah kerugian besar di perdagangan Asia, dengan harga saham naik 2,73 persen.

Di tempat lain di Eropa, Amsterdam menambahkan 1,19 persen, Brussel naik 0,60 persen, Madrid naik 0,83 persen, Milan naik 0,52 persen dan saham Swiss naik 0,42 persen.

Sebelumnya di perdagangan Asia, Selasa, penguatan yang diperlihatkan di Wall Street Senin membantu saham bergerak secara luas karena perusahaan teknologi yang lebih tinggi menarik dukungan.

Saham Jepang naik 0,49 persen namun Shanghai kehilangan 0,48 persen dan Hong Kong jatuh 0,72 persen, dipimpin turun oleh penurunan 7,0 persen HSBC.

Sydney naik 0,33 persen setelah Reserve Bank of Australia menaikkan suku bunga 25 basis poin menjadi 4,0 persen, seperti yang diperkirakan mengingat pertumbuhan yang kuat baru-baru ini. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010