Jakarta (ANTARA News) - Setelah ada keputusan resmi FIA menunjuk Indonesia untuk menggelar kejuaraan reli dunia (WRC-world rally championship) 2010, PT Bloedus Management Indonesia selaku promotor yang ditunjuk Ikatan Motor Indonesia terus mempersiapkan diri.

"Kita melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah Sulawesi Selatan dan pemerintah pusat melalui Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI," kata Ketua WRC Indonesia, Sabtu.

Ia mengatakan, kerja sama itu dimaksudkan agar event skala internasional itu memenuhi standarisasi dan kualitas penyelenggaraan dari segi teknis dan komersial yang dipersyaratkan oleh Federation Internationale de Automobile (FIA) serta North One Sport sebagai promotor WRC.

Menpora Andi Alfian Malarangeng pada pertemuannya dengan tim kerja WRC pada 25 Januari 2010, kata Sadikin, menyatakan komitmennya mendukung penyelenggaraan kegiatan kandidat reli dunia yang akan berlangsung di Makassar.

"Saya dan Jeffrey JP mewakili tim kerja WRC Indonesia telah melakukan pertemuan pada Oktober 2009 dengan International Sportworld Communicators (ISC) dan sekarang menjadi North One Sport (NOS) untuk kesiapan implementasi pelaksanaan kandidat reli dunia 2010," tambah Sadikin yang juga pereli nasional.

Selanjutnya, katanya, tim ini juga diundang ISC menghadiri ?2010 FIA WRC Season Launch? di Paris pada 2 Februari 2010,? kata Sadikin Aksa.

North One Sport (NOS) adalah promotor global yang telah melakukan kontrak dengan FIA untuk pelaksanaan World Rally Championship (WRC) selama 10 tahun yang dimulai pada 2010.

Tim kerja WRC Indonesia bersama FIA Advisor yang ditunjuk untuk Indonesia yaitu Piero Sodano dari Italia juga sudah melakukan pertemuan dan pembicaraan lebih lanjut tentang kesiapan Indonesia dan kemungkinan pelaksanaan WRC mulai 2012 dengan President FIA, Jean Todt dan CEO ISC, Simon Long, di markas besar FIA di 8 Place de la Concorde, Paris.

Asia merupakan kawasan yang memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai keunikan budaya dan panorama serta pangsa pasar yang terus berkembang, sehingga sangat memungkinkan untuk penambahan event WRC di kawasan Asia.

Negara yang baru mengajukan diri sebagai kandidat dari kawasan ini adalah Indonesia dan Abu Dhabi.

"Indonesia sangat diharapkan dapat menjadi bagian dari rangkaian WRC sehingga menjadikan kompetisi lebih variatif dan menambah negara penyelenggara di kawasan Asia dengan berbagai keunikannya," kata Direktur BMI, Jeffrey JP.

Demi terwujudnya Indonesia menjadi penyelenggara WRC, kata Jeffrey, hal paling utama dan menjadi konsentrasi penilaian kandidat reli dunia tahun ini adalah bagaimana Indonesia seoptimal mungkin melaksanakan standarisasi aspek yang dipersyaratkan FIA terutama masalah regulasi dan keselamatan.

Selain itu, adanya unsur komersial yang besar dengan dukungan penuh Pemerintah RI. Sikap positif dan komitmen Presiden FIA Jean Todt untuk menjadikan kawasan Asia menjadi panorama baru dalam pentas reli dunia ditunjukkan dengan kesediaannya hadir pada acara IMI Awards 2010 di Jakarta 26 Februari 2010.

Jeffrey menambahkan, BMI akan memberikan pelatihan (training) SDM pada awal April yang akan dipimpin langsung oleh tim konsultan WRC Indonesia dibawah koordinasi Piero Sodano dan Fred Gallagher dari Inggris yang berpengalaman sebagai pimpinan perlombaan Reli Inggris Raya.
(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010