Jakarta (ANTARA News) - Unggulan kedua ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir menjadi satu-satunya wakil Indonesia di final All England setelah meraih kemenangan pada semifinal, Minggu dinihari WIB.

Dalam partai terakhir babak empat besar di National Indoor Arena, Birmingham, Inggris, pasangan tersebut menundukkan juara Olimpiade Beijing asal Korea Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung 21-16, 18-21, 21-8 dalam waktu satu jam delapan menit.

Pada final, Minggu, Nova/Liliyana yang kalah dari ganda Korea tersebut di final Olimpiade 2008, akan memperebutkan gelar juara dengan pasangan Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Ganda campuran asal China itu meraih tempat di final setelah menyisihkan rekan senegara mereka, unggulan keempat sekaligus juara bertahan He Hanbin/Yu Yang 21-14, 23-21.

Tertinggal sejak awal hingga kedudukan 8-13, Nova/Liliyana secara perlahan memperpendek jarak angka hingga menyamakan kedudukan 15-15 untuk kemudian dengan mudah menutup game pertama 21-16.

Namun game kedua sepenuhnya milik ganda Korea yang membuat pasangan Indonesia menyerah dengan angka 18-21.

Penempatan bola yang akurat dan hampir tidak pernah melakukan kesalahan sendiri membuat Nova/Liliyana yang menempati posisi teratas ranking dunia, mendominasi game ketiga hingga memimpin 11-5 saat turun minum.

Sementara pasangan Korea unggulan ketiga itu semakin kerap melakukan kesalahan sendiri sehingga membuat perolehan angka pasangan duakali juara dunia itu semakin mudah memperoleh angka. Mereka menyudahi pertandingan dengan kemenangan 21-8 saat pukulan menyilang Nova jatuh di bidang lapangan lawan.

China dan Denmark masing-masing telah memastikan satu gelar dalam turnamen All England ke-100 itu saat keduanya berhasil menciptakan final antar pemain mereka sendiri.

China memastikan final antar ganda putri Du Jing/Yu Yang melawan Cheng Shu/Zhao Yunlei, sedangkan Denmark mempertemukan Lars Paaske/Jonas Rasmussen dengan Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Adapun gelar tunggal putra akan diperebutkan oleh unggulan pertama Lee Chong Wei dari Malaysia dengan Kenichi Tago dari Jepang.

Sedangkan final tunggal putri merupakan ulangan final tahun lalu saat pemain China Wang Yihan bertemu pemain Denmark Tine Rasmussen. (F005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010