London (ANTARA News/AFP) - Para investor Eropa memberikan respon positif terhadap sebuah rencana Uni Eropa untuk menyelamatkan Yunani dari kegagalan, mengirimkan harga saham berlari naik pada Selasa.

Tetapi analis mengatakan perdagangan itu tentatif karena pasar menunggu pernyataan suku bunga AS dan prospek ekonomi dari Federal Reserve.

Di London indeks FTSE 100 menambahkan 0,48 persen menjadi ditutup pada 5.620,43 poin sementara di Paris indeks CAC 40 naik 1,23 persen menjadi 3.938,95. Di Frankfurt, indeks Dax naik 1,14 persen menjadi 5.970,99 poin.

Tempat lain ada kenaikan 0,87 persen di Brussels, 1,10 persen di Milan, 0,72 persen di Zurich, 0,93 persen di Madrid dan 1,24 persen di Amsterdam.

"Kabar baik di Yunani jelas mendorong pasar lebih tinggi," kata Wilfried Beau dari Meeschaert Gestion Privee.

Lembaga pemeringkat Standard & Poor`s mengatakan pihaknya mempertahankan peringkat kredit Yunani karena kenaikan ancaman dalam note (surat utang) jangka pendek menurun.

Lembaga Selasa mengatakan, bahwa penghematan anggaran pemerintah Yunani -- yang berusaha untuk memotong defisit publik tahun ini empat persentase poin dari besar 12,7 persen PDB nasional -- adalah "tepat" untuk mencapai target fiskal 2010.

"Kami melihat program konsolidasi fiskal pemerintah sebagai pendukung rating pada tingkat saat ini, maka peringkatnya kami pertegas," analis kredit Standard & Poor`s Mrsnik Marko mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Tapi S & P mengatakan pihaknya memproyeksikan empat persen kontraksi ekonomi di Yunani tahun ini, yang akan memaksa pemerintah Sosialis untuk menerapkan pemotongan pengeluaran lebih banyak.

Sebelumnya di Brussel para menteri keuangan Uni Eropa mendukung sebuah rencana zona euro untuk menyediakan pinjaman darurat untuk Yunani -- jika diperlukan -- untuk melindungi negara dari kebangkrutan.

Tujuannya adalah untuk meyakinkan pasar keuangan dari solvabilitas keuangan Yunani, sehingga memungkinkan Athena untuk meminjam uang pada tingkat yang sebanding dengan anggota zona euro lainnya. Pada saat sama Yunani harus membayar bunga tinggi untuk menghimpun uang guna menutupi kewajiban utang yang besar.

Saham AS melayang tinggi dalam perdagangan hati-hati Selasa jelang keputusan kebijakan suku bunga Federal Reserve yang secara luas diperkirakan akan tetap pada rekor terendah.

Dow Jones Industrial Average naik 0,21 persen menjadi 10.664,07 pada pertengahan hari sementara komposit Nasdaq ditambahkan 0,43 persen menjadi mencapai 2.372,74.

Saham itu "berjalan hati-hati sebelum Federal Reserve mengumumkan keputusan kebijakan moneter pada sore hari," kata para analis Charles Schwab & Company dalam sebuah catatan kepada klien.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), unit pembuat kebijakan Fed, diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga dana federal - yang mempengaruhi setiap tingkat biaya pinjaman bank satu sama lainnya -- yang belum pernah terjadi sebelumnya pada kisaran nol hingga 0,25 persen untuk membantu pemulihan ekonomi dari krisis keuangan terburuk dalam beberapa dasawarsa, kata analis.

"FOMC diperkirakan akan mempertahankan target jangkauan untuk tingkat suku bunga dana federal tak berubah ... namun pasar akan hiper-perhatian untuk kata-kata direktif," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

"Secara khusus, pasar akan mengamati untuk melihat apakah Fed menghilangkanfrase `periode` yang digunakan dalam hubungan dengan tingkat suku bunga dana federal sangat rendah dan bagaimana ciri kondisi pemulihan ekonomi," kata dia. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010