Berlin (ANTARA News/AFP) - Setiap anggota zona euro harus menaikkan kesempatan dalam kasus kebutuhan bailout Yunani agar bangkit dari krisis utang, kata pimpinan para menteri keuangan grup euro di Berlin, Selasa.

"Bukan hanya yang besar (negara) tetapi juga yang kecil akan dipanggil untuk tugas" jika paket bantuan keuangan diperlukan untuk membantu Yunani," kata Perdana Menteri Luksemburg Jean-Claude Juncker kepada televisi Jerman ZDF.

Ditanya mengenai kekhawatiran bahwa masalah Yunani dapat menimbulkan efek domino di zona euro, ia mengatakan ketakutan "jelas menunjukkan bahwa kita harus mengambil tanggung jawab global euro berhadap--hadapan yang tak seorang pun dapat melarikan diri."

Juncker, yang memimpin grup menteri keuangan zona euro, mengatakan ia memiliki "keyakinan hampir tak tergoyahkan" bahwa Yunani tidak perlu bantuan darurat setelah meluncurkan langkah-langkah penghematan untuk mengurangi defisit publik dan utang.

Namun dia menambahkan bahwa jika pasar keuangan terus "berspekulasi terhadap Yunani dalam cara yang tidak masuk akal" terlepas dari upayanya itu maka "kami akan siap" untuk menyediakan pinjaman bilateral ke Athena, katanya.

"Kami hanya akan bereaksi jika seluruh zona euro dalam bahaya," katanya.

Juncker berbicara setelah menteri keuangan Uni Eropa mendukung sebuah rencana zona euro untuk membuat pinjaman darurat tersedia untuk Yunani -- jika diperlukan -- untuk melindungi negara itu dari kebangkrutan. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010