Jakarta (ANTARA News) - PT Mandala Airlines segera membidik sejumlah rute regional pada kuartal II tahun ini, setelah mendapat sertifikat keselamatan penerbangan IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari International Air Transport Association (IATA).

Menurut Presiden Direktur Mandala Diono Nurjadin kepada pers usai menerima sertifikat IOSA itu di Jakarta, Kamis, sejumlah rute regional itu antara lain, Singapura, Philipina, Malaysia, Thailand dan Australia.

"Rute pertama adalah Singapura sebelum pertengahan tahun ini dan kota asal penerbangannya belum tentu dari Jakarta. Setelah itu, baru yang lain," katanya.

Diono mengaku, pilihan Singapura karena pertumbuhan penumpang di destinasi ini di atas 20 persen per tahun. "Target tingkat isian penumpang tentu maksimal, tetapi biasanya mulai dari 60 atau 70 persen dulu," katanya.

Pembukaan rute regional ini, kata Diono, juga sebagai persiapan bagi Mandala agar mampu bersaing ketika liberalisasi penerbangan ASEAN mulai diterapkan pada 2015.

"Untuk mendukung itu pula, sampai akhir tahun ini, total pesawat Mandala adalah 11 unit dari saat ini sebanyak tujuh pesawat. Berarti tambahannya, 4 pesawat dan rencananya semua A320," kata Diono.

Dia juga mengatakan, dengan perolehan sertifikat IOSA tersebut, tidak menutup kemungkinan bagi Mandala untuk menjalin kerja sama strategis dengan maskapai lain di rute regional yang juga memiliki IOSA.

Menurut Head of Corporate Communication Mandala, Trisia Megawati KD, mengakui, setelah rute regional tergarap tahun ini, pihaknya akan memperkuat rute domestik, khususnya Indonesia Timur.

Target penumpang Mandala tahun ini sebesar 4 juta penumpang atau naik dari realisasi tahun lalu sebesar 3,5 juta orang.
(E008/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010