Jakarta (ANTARA) - Lionel Messi mengaku bahwa ia sekarang "tidak terlalu terobsesi untuk mencetak gol" di tahap kariernya saat ini dan lebih fokus menjadi pemain tim.

Pemain berusia 33 tahun ini adalah pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa, dengan torehan 635 gol dalam 734 penampilan serta menyumbang 256 assist selama 16 tahun kariernya di Camp Nou.

Kapten timnas Argentina ini semakin mahir dalam memberikan assist kepada rekan setimnya dalam beberapa tahun terakhir dan musim lalu ia memecahkan rekor assist terbanyak dalam satu musim La Liga yaitu 21 assist.

Baca juga: Puyol klaim Messi termotivasi dan bisa bertahan beberapa tahun lagi
Baca juga: City punya kekuatan finansial untuk kontrak Messi, kata COO Berrada


“Saat ini saya kurang terobsesi dengan gol, saya mencoba berkontribusi sebanyak yang saya bisa untuk tim,” katanya kepada majalah Garganta Poderosa seperti yang dikutip Goal, Jumat.

Messi juga menyoroti kerja komunitas yang berlangsung di negara asalnya Argentina untuk mencoba dan memerangi dampak dari virus corona.

"Dalam pandemi ini, kami harus menjaga semua kebutuhan dasar seperti air, makanan dan listrik," tambahnya.

“Saya bangga melihat bagaimana orang-orang terlibat dengan bekerja di dapur umum dan ruang makan di Argentina, terutama di masa-masa sulit seperti yang kita alami."

"Ketimpangan adalah masalah terbesar dalam masyarakat kita dan kita semua harus bekerja sama untuk memperbaikinya."

Baca juga: Messi kini cuma punya satu impian, juarai Piala Dunia


Messi dilaporkan telah mendonasikan sekitar 1 juta euro (Rp17,2 miliar) pada awal tahun ini untuk membantu memerangi pandemi virus corona. Dana itu digunakan untuk rumah sakit Barcelona dan fasilitas medis di tanah airnya.

Messi juga mengatakan bahwa setiap trofi yang dimenangkan Barcelona tahun ini akan dipersembahkan kepada mereka yang berjuang melawan COVID-19.

“Copa (Amerika) yang diangkat tahun ini harus bisa membantu semua orang yang terlibat dengan cara itu,” katanya.

Messi telah mencetak satu gol dalam tiga penampilan untuk Barca musim ini, setelah ia mengutarakan niatnya untuk pergi dari klub Spanyol itu di bursa transfer musim panas 2020.

Baca juga: Barcelona peringati 20 tahun bergabungnya Messi
Baca juga: Messi puncaki daftar pemain terkaya di atas Ronaldo

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020