London (ANTARA News/AFP) - Pasar-pasar saham utama Eropa menghentikan kemerosotannya pada Senin dan ditutup sedikit lebih tinggi menyusul sebuah awal positif di Wall Street, di mana saham perawatan kesehatan naik setelah Kongres meloloskan perbaikan sektor ini.

Tapi kenaikan di pasar di London, Paris dan Frankfurt, terbatasi dengan penurunan harga saham di tempat lain dalam menghadapi ketidakpastian terus-menerus dalam upaya mengatasi krisis keuangan Yunani.

Indeks FTSE 100 di London menambahkan 0,10 persen menjadi ditutup pada 5.644,54 poin sementara di Paris indeks CAC 40 naik 0,07 persen menjadi 3.928. Indeks Dax 30 di Frankfurt Dax berakhir naik 0,08 persen pada 5.987,50 poin.

Bursa saham lainnya di Eropa jatuh 0,28 persen di Milan, turun 0,21 persen di Swiss, turun 0,18 persen di Brussels, turun 1,17 persen di Madrid dan turun 0,15 persen di Amsterdam.

Di Wall Street saham-saham AS kembali pulih dari kerugian pembukaan.

Dow Jones Industrial Average naik 0,27 persen menjadi 10.770,63 tengah hari, sementara indeks teknologi Nasdaq maju 0,62 persen menjadi 2.389,13.

Pasar berubah tiba-tiba karena investor mencerna suara 219-212.

Dewan Perwakilan Rakyat, Minggu untuk menyetujui perbaikan kesehatan bersejarah paling menyapu perubahan kebijakan sosial dalam empat dekade.

DPR memilih menyerahkan Presiden Barack Obama kemenangan terbesar dari kepresidenan. Dia diharapkan menandatangani rancangan undang-undang menjadi undang-undang dalam beberapa hari.

Senat akan mengambil paket perubahan, yang disetujui Dewan 220-211, sejak Selasa dalam upaya untuk menyelesaikan pekerjaannya pada perbaikan.

Fred Dickson pada DA Davidson & Company mengatakan suara untuk perawatan kesehatan hanya menggeser "satu tingkat ketidakpastian dari pasar."

"Reformasi RUU perawatan kesehatan tidak segera menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan mengenai dampak undang-undang pada masa depan ukuran defisit federal dan masa depan pendapatan dan potensi pendapatan penyedia layanan kesehatan, pembuat obat dan produk medis, dan asuransi kesehatan," kata Dickson.

Tetapi saham farmasi melonjak di tengah-tengah harapan mereka akan mendapat manfaat dari perluasa cakupan layanan kesehatan yang disetujui oleh Kongres.

Pasar di London, Paris dan Frankfurt semua memulai hari di wilayah negatif di tengah kekhawatiran untuk masa depan keuangan Yunani dan berita tentang kenaikan suku bunga di India.

Di London, British Airways turun 1,03 persen pada hari ketiga pemogokan oleh awak kabin.

Saham pertambangan melemah dalam perdagangan sebelumnya sebagai tanggapan terhadap dolar yang lebih kuat tetapi kenaikan unit AS mulai memudar, saham penambang ditutup bervariasi. Vedanta bangkit 0,38 persen sementara Kazakhmys menyerah 0,47 persen.

Di Frankfurt Kabel Deutschland, Jermanoperator kabel terkemuka, melakukan initial public offering dan meningkat 1,02 persen pada hari ini.

Pembuat mobil BMW di tempat lain melonjak 1,37 persen setelah mengumumkan kontrak besar untuk memasok mesin untuk digunakan oleh departemen polisi AS.

Lufthansa maju 0,20 persen. Pilot mengancam untuk mogok setelah Liburan Paskah tetapi telah membuka kemungkinan untuk perundingan.

Saham-saham Hong Kong turun 2,05 persen Senin, di tengah kekhawatiran pengetatan oleh bank-bank sentral di wilayah itu menyusul kenaikan suku bunga mengejutkan oleh India.

Pasar Jepang tutup untuk libur publik.

Sebagian ekonom berpendapat bahwa kenaikan suku bunga India merupakan bukti dari dua kecepatan pemulihan global, dengan pertumbuhan kuat di pasar negara berkembang yang memungkinkan bank-bank sentral mereka untuk mengetatkan kebijakan moneter sebelum rekan-rekan mereka di Barat. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010