Jakarta (ANTARA) - Rumah berkonsep minimalis dan furnitur rumah multifungsi menjadi favorit para milenial yang telah maupun akan memiliki huniannya. Menurut Brand Manager Informa Custom Furniture, Martha Xu, kedua konsep ini masih akan menjadi tren di tahun 2021.

"Di masa pandemi global yang masih penuh dengan ketidakpastian ini, mungkin agak sulit untuk memprediksi tren di tahun depan. Tapi, sepertinya tahun depan tren minimalis dan fungsional masih menjadi favorit milenial," kata Martha melalui webinar bertajuk "Tips Membangun Rumah Bagi Pasangan Milenial", Jumat.

Martha melanjutkan, bukan hanya milenial saja yang menggemari tren hunian dan perabotan minimalis dan fungsional. Ia menyebutkan, dari tahun ke tahun, model ini menjadi favorit banyak kalangan.

Baca juga: Kiat menata rumah agar terlihat rapi

Terlebih, dengan kondisi pandemi yang menuntut untuk berkegiatan di rumah, membuat hunian menjadi rapi, estetik dan indah dipandang, serta nyaman untuk ditinggali menjadi faktor mengapa konsep ini terus digemari banyak generasi.

"Bukan cuma milenial, furnitur multifungsi jadi favorit banyak orang. Mereka milih model itu karena hampir 24 jam di rumah, dan karena furnitur mereka bisa berfungsi untuk banyak hal, membuat perabotan itu yang paling banyak dicari," kata Martha.

Lebih lanjut, hunian minimalis yang didukung dengan kehadiran furnitur multifungsi memanfaatkan ruang (space) terbatas, dengan perabotan yang bisa dilipat, hingga mudah dimasukkan dan dikeluarkan, seperti meja lipat, rak, hingga laci-laci besar yang bisa dialihfungsikan.

Untuk mengaplikasikan konsep hunian ini, Martha menyarankan untuk membuat daftar kebutuhan rumah, sehingga nantinya perabotan di dalamnya akan disesuaikan dengan space dan tambahan lainnya untuk dimanfaatkan dengan efisien.

“Untuk itu, milenial harus bisa memanfaatkan pemilihan furnitur yang dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan, style, kebutuhan dan anggaran biaya yang dimiliki agar ruangan lebih maksimal meskipun di lahan yang terbatas,” kata Martha.

Baca juga: Kiat bikin suasana rumah lebih glamor dengan nuansa emas

Baca juga: Inspirasi desain apartemen mungil

Baca juga: Inspirasi desain rumah minimalis yang simpel dan cantik bertema tropis

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020