Kami ingin Alex mengklaim bangku itu dan pada dasarnya membenarkan bahwa tidak perlu melihat alternatif lain selain Alex
Jakarta (ANTARA) - Bos tim Red Bull Christian Horner mengatakan Alexander Albon harus membuktikan dirinya jika masih ingin menjadi rekan satu tim Max Verstappen di musim 2021.

Bicara di sela-sela Grand Prix Portugal, Horner menegaskan bahwa sang pebalap Thailand tidak memiliki banyak waktu untuk membuktikan dirinya pantas tinggal.

"Kami ingin Alex mengklaim bangku itu dan pada dasarnya membenarkan bahwa tidak perlu melihat alternatif lain selain Alex," kata Horner seperti dikutip Reuters, Sabtu.

Baca juga: Red Bull ingin pertahankan Albon, Verstappen, dan Newey

"Saya rasa setiap orang di tim ingin melihatnya melakukan itu.

"Dia memiliki beberapa akhir pekan yang sulit jadi dia perlu bangkit dari sana, saya rasa, dan khususya Imola dengan akhir pekan yang kuat sejak start hingga finis."

Grand Prix Emilia Romagna di sirkuit Italia itu akan digelar 1 November, satu pekan setelah Portugal.

Verstappen sementara itu telah mengantongi kontrak jangka panjang dengan Red Bull dan terbukti bisa memenangi balapan, sedangkan Albon kewalahan menyamai performa sang pebalap Belanda.

Albon saat ini mengemas hanya 64 poin dibanding Verstappen yang berada di peringkat tiga klasemen dengan 147 poin.

Pebalap AlphaTauri Pierre Gasly, yang sempat membalap di Red Bull tahun lalu sebelum bertukar bangku dengan Albon, meraih kemenangan di Grand Prix Italia bulan lalu, namun Horner tidak akan menukar pebalap Prancis itu lagi.

Baca juga: Williams enggan bantah spekulasi Perez gantikan Russell
Baca juga: Hamilton sebaiknya minta maaf ke Albon, kata bos Red Bull

"Saya rasa AlphaTauri cukup nyaman dengan para pebalap mereka," kata Horner.

AlphaTauri diperkuat juga oleh Daniil Kvyat dari Rusia dengan pebalap F2 asal Jepang Yuki Tsunoda yang bisa menjadi pengganti untuk musim 2021.

"Preferensi kami sangat besar ke Alex, tetapi jika kami harus melihat solusi yang berbeda, maka jelas kami harus mencari di luar pool pebalap Red Bull hanya karena tidak ada satupun tersedia yang bisa kami masukkan."

"Terdapat sejumlah pebalap berkualitas, tentunya, di pasar, yang bisa tanpa kerjaan tahun depan."

Daftar pebalap yang belum mendapat bangku itu termasuk di antaranya pebalap Jerman Nico Hulkenberg, yang telah beberapa kali dipakai Racing Point menggantikan Sergio Perez dan Lance Stroll yang terkena COVID-19.

Demikian pula Sergio Perez yang bakal meninggalkan Racing Point setelah tim yang berganti nama menjadi Aston Martin tahun depan itu meminang juara dunia empat kali Sebastian Vettel.

Baca juga: Vettel jadi pebalap Aston Martin mulai musim 2021
Baca juga: Vettel berharap Mick Schumacher membalap di Formula 1 tahun depan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020