Jakarta (ANTARA) - Valterri Bottas konsisten menjaga kecepatannya di Grand Prix Portugal setelah kembali memuncaki sesi latihan bebas pada Sabtu, dominan di ketiga sesi.

Bottas mencetak waktu terbaik satu menit 16,654 detik di FP3 namun rekan satu timnya di Mercedes Lewis Hamilton menempel ketat di peringkat dua dengan marjin tipis 0,026 detik, demikian laman resmi Formula 1.

Kedua pebalap Mercedes itu sempat kehilangan kendali mobil mereka, bahkan Hamilton melebar ke gravel di Tikungan 8 ketika percobaan terakhir jelang finis.

Baca juga: Hamilton fokus kejar titel, bukan kontrak baru dengan Mercedes

Max Verstappen membayangi kedua pebalap Mercedes itu di peringkat tiga dengan selisih 0,158 detik menjelang babak kualifikasi.

Pierre Gasly dengan mobil AlphaTauri finis peringkat empat setelah mampu lebih cepat dari Alexander Albon di mobil Red Bull kedua.

Sedangkan Charles Leclerc terpaut 0,575 detik dari pemuncak sesi untuk sekali lagi di peringkat enam untuk Ferrari.

FP3 berakhir lebih awal karena penutup drainase sirkuit Algarve mengalami kerusakan hingga mencuat ke atas di pinggir trek setelah dilibas mobil Ferrari Sebastian Vettel.

Baca juga: Albon harus buktikan diri jika masih ingin di Red Bull tahun depan

Daniel Ricciardo juga sempat kehilangan kendali mobil Renaultnya dan mengakhiri sesi di P14 setelah masalah DRS menghalanginya tampil cepat dengan bahan bakar yang lebih sedikit sebelum akhir sesi.

Mercedes selalu meraih posisi start terdepan musim ini dan terlihat bakal memperpanjang catatannya menjadi ke-12 kali secara beruntun di babak kualifikasi nanti.

Tim pabrikan Jerman itu juga berpeluang mengunci gelar konstruktor ketujuh secara beruntun pada Minggu nanti, namun Red Bull, yang menjadi rival terdekat, tidak akan tinggal diam dan mungkin akan menunda perayaan tim Silver Arrow untuk satu pekan ke depan.

Hamilton saat ini memuncaki klasemen dengan selisih 69 poin dari Bottas.

Baca juga: Bottas dominasi sesi latihan GP Portugal, Verstappen tabrak Stroll
Baca juga: Williams enggan bantah spekulasi Perez gantikan Russell

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020