E-Sport

MPL Indonesia munculkan nama Tanah Air di peta esports internasional

MPL Indonesia munculkan nama Tanah Air di peta esports internasional

Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia. HO/MPL Indonesia

Jakarta (ANTARA) - Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia terus memunculkan nama Tanah Air di peta esports internasional setelah sederet prestasi mampu dicatat baik dari prestasi atlet maupun jumlah penonton.

MPL Indonesia Season 6, berdasarkan data resmi dari MPL yang diterima media di Jakarta, Senin, mampu mencetak rekor penonton secara bersamaan (pcu) 2.849.970. Angka ini memecahkan rekor pertandingan grand final season 5 yang mencapai 1.163.007 penonton.

Melonjaknya jumlah penonton ini tidak lepas dari suksesnya dua tim terkuat di Indonesia yaitu RRQ Hoshi dan Alter Ego masuk babak grand final, serta di partai puncak RRQ Hoshi yang sukses menjadi yang terbaik.

Baca juga: MPL Season 6 terus hadirkan kejutan

Data dari esports charts membuktikan perkembangan viewership MPL Indonesia tumbuh hingga 145%. Kenaikan viewership terlihat di pekan terakhir regular season saat laga RRQ Hoshi melawan Evos Legends. Saat itu, pcu yang didapat 1.743.629. Total ada lima pertandingan yang berhasil menembus satu juta pcu.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya MPL Indonesia Season 6. Saat ini kami sedang berusaha keras membawa nama Indonesia melambung di industri esports secara global. MPL Indonesia kini bersaing dengan turnamen esports berskala global dan diakui dunia,” kata Komisaris MPL Indonesia Lucas Mao.

MPL Indonesia pada September juga menjadi turnamen esports terpopuler di dunia mengalahkan turnamen-turnamen esports bergengsi lainnya. Saat itu, pertandingan Royal Derby antara RRQ Hoshi melawan Onic Esports berhasil meraih 1.092.949 pcu.

Baca juga: MPL tambah daftar game arcade dengan gandeng tiga pengembang lokal

Liga esports yang kini telah menjadi wadah bagi para generasi muda yang ingin menjadi pemain profesional juga sudah banyak melahirkan atlet-atlet muda. Sebut saja Albert. Pemain berusia 16 tahun ini sudah menjadi bagian dari tim RRQ Hoshi.

Albert yang datang sebagai rookie bahkan berhasil menjadi MVP di grand final dan membawa uang tunai puluhan juta rupiah. Munculnya nama Albert tidak lepas dari kejelian tim pencarian bakat RRQ yang jeli dalam memilih pemain.

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) adalah gim mobile Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) paling terkenal di dunia dan telah diinstal lebih dari 500 juta kali dengan 75 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Di Indonesia, MLBB memiliki pengguna aktif lebih dari 31 juta setiap bulannya (data Agustus, 2019). Dikarenakan pertumbuhannya yang cepat, Mobile Legends: Bang Bang telah mencapai Top 10 Peringkat Terlaris di lebih dari 50 negara, termasuk Asia Tenggara, Timur Tengah, dan India.

Baca juga: Sukses di Piala Presiden, MPL siap bikin kejuaraan mandiri
Baca juga: 50.000 peserta ikuti MPL Piala Presiden Esports 2020

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PB Esports resmi dibentuk

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar