Jakarta (ANTARA News) - Kebakaran yang melanda gedung Pusat Pertokoan Ramayana di tengah-tengah Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, terus berkobar hingga lebih dari delapan jam sejak sekitar pukul 07.00 WIB.

"Apinya besar sekali dan terus menyala hingga sekarang," kata Sugianto, warga di sekitar lokasi kejadian di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, api tampak sekitar pukul 07.00 WIB dari bagian lantai tiga pusat perbelanjaan itu, tak berselang lama terus merambat hingga ke lantai paling bawah.

Sementara warga lainnya, Bowo, mengemukakan, petugas pemadam kebakaran awalnya sulit untuk memadamkan api karena sukar untuk membawa kendaraan masuk ke dalam pasar.

Selain itu, ujar dia, pusat perbelanjaan yang masih digembok pada pagi hari juga membuat pemadam harus berupaya keras untuk dapat menyemprotkan air ke posisi api yang terletak di lantai tiga.

Kesulitan lain juga dialami petugas pemadam, yakni dalam memperoleh air sebagai alat pemadaman api, sehingga harus mengisi persediaan air dari aliran Kali Pesanggrahan.

"Kami kesulitan karena sumber airnya cukup jauh," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Jakarta Selatan, Subejo.

Subejo mengemukakan, pihaknya telah menurunkan hingga sekitar 35 unit mobil pemadam yang adalah bantuan dari Sudin Jakarta Barat dan Jakarta Pusat.

Pada saat pemadaman dua petugas sempat terjebak selama sekitar satu jam. Namun, para petugas itu berhasil diselamatkan dan ditangani oleh petugas kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI).(M040/P004)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010