Surabaya (ANTARA News) - Ketua DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto mengimbau agar setiap pelaksanaan musyawarah daerah (musda) partai itu di semua daerah, lebih menekankan pada upaya untuk memenangkan Pemilu 2014 mendatang.

"Munas dan musda harus membangun wadah organisasi yang solid disemua tingkatan untuk memenangkan pemilu 2014," kata Wiranto saat membuka Musda DPD Hanura Jatim di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, untuk mewujudkan itu semua tidaklah mudah, jika tidak ada komitmen dan kekompakkan di antara pengurus Partai Hanura di semua daerah untuk bersama-sama memenangkan pemilu 2014.

Selain itu, kata dia, langka pertama untuk mewujudkan itu semua adalah dengan membangun partai yang semua pengurusnya berakhlak mulia. Tentunya untuk mewujudkan itu semua tidak mudah karena perlu kerja keras dari semua kader.

"Tujuan partai itu, tidak hanya berorientasi pada kekuasaan saja, tapi bagaimana menyelesaikan persoalan nasional. Itu adalah jiwa dari partai Hanura," katanya.

Semua itu, lanjut dia, sudah dilalui, namun masih perlu ditingkatkan, mengingat memanaskan situasi perpolitikan di Indonesia akhir-akhir ini.

"Itu tidak mudah, tapi kader Hanura terbukti mampu menunjukkan semangatnya untuk kebenaran dalam pansus Bank Century beberapa waktu lalu," katanya.

Untuk melanjutkan tujuan partai ini, kata dia, salah satu instrumen yang harus dilaksanakan pada musda dan munas yakni membangun wadah organisasi yang solid disemua tingkatan.

Musda adalah instrumen untuk melakulan reorganisasi, reposisi mengganti personel di organisasi, revitalisasi, dan terakhir reaktualisasi. "Empat instrumen tersebut harus dilakukan," katanya.

Terakhir, Wiranto berpesan agar pelaksanaan musda di Jatim kali ini menerapkan prinsi SDSB yakni Sukses, Demokratis, sharing atau sumbang pemikiran dan Bermartabat.

(T.A052/S026)


Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010