Tren riasan yang sebenarnya dibenci MUA

Tren riasan yang sebenarnya dibenci MUA

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Tren kecantikan biasanya berganti setiap bulan atau tahun, tetapi tak semuanya ternyata disukai para perias atau makeup artist (MUA), dengan alasan beragam salah satunya tak terlihat bagus bagi penggunanya.

Berikut sembilan tren riasan yang tak disukai MUA seperti dilansir Insider:

Baca juga: Dehidrasi hingga radikal bebas, ini dia penyebab kulit wajah kusam

Baca juga: Mengintip "pouch" riasan dan perawatan kulit Sandra Dewi


1. Selfie makeup
MUA yang biasanya menangani selebritas termasuk Meghan Markle, Lydia Sellers mengatakan dirinya bukan penggemar tren selfie makeup. Menurut dia, highlighter yang sangat berwarna-warni (ciri khas riasan ini) membuat riasan terlihat keunguan, lalu ada risiko warna tidak tercampur dengan baik dan bulu mata palsu raksasa yang digunakan tak tepat untuk bentuk mata.

"Sudah waktunya tren norak ini menghilang. Terkadang, lebih sedikit sebenarnya lebih banyak," kata Sellers.

2. Membuat alis tampak penuh berlebihan
Tren alis selalu masuk dan keluar dari gaya, tetapi jika mengisinya berlebihan justru bisa mengalihkan perhatian dari bagian wajah Anda yang lain.

"Alis membingkai wajah dan biasanya menjadi salah satu hal pertama yang diperhatikan orang. Alis tidak boleh diwarnai gelap dan terlalu ditarik. Sebaliknya, alis terlihat paling baik saat Anda membuat guratan seperti rambut dan membersihkan tampilan dengan highlighter crayon, pensil alis atau foundation/concealer," ujar penata rias yang berbasis di New York City Carlina Zacarias.

Untuk tampilan yang natural, dia menyarankan Anda untuk menggunakan efek ombré alih-alih bentuk padat.

Baca juga: Tips mudah buat alis dengan bentuk sempurna

Baca juga: Mencicipi lipstik beraroma wafer


3. Highlighter berlebihan
Sama seperti alis yang terlalu penuh, Zacarias mengatakan, beberapa pecinta kecantikan terkadang terlalu banyak menggunakan highlighter.

"Highlighter yang terlalu mengkilat bisa membuat Anda terlihat seperti bola lampu. Benda ini seharusnya digunakan untuk menciptakan kilau - bukan sinar yang berlebihan. Tekstur highlight yang halus dan berkilau adalah yang terbaik dan akan memberikan kilau indah yang Anda cari," kata dia.

4. Eye shadow tak menyatu sempurna
Dalam hal mengaplikasikan warna-warna cerah pada kelopak mata Anda, penata rias yang berbasis di Philadelphia, Dana Flippen menuturkan, tidak memadukan perona mata secara benar adalah dosa besar dalam riasan.

"Ini hampir seperti Anda memakai riasan kostum. Saya tahu Anda ingin bereksperimen dengan warna, tetapi jika Anda ingin memiliki enam warna berbeda pada kelopak mata Anda, padukan semuanya," tutur dia.

5. Memaksakan diri pakai lipstik matte
Menurut MUA sekaligus founder Gabriel Cosmetics, Gabriel De Santino, lipstik matte bukan untuk semua orang. Jenis lipstik ini memang terlihat bagus, tetapi membutuhkan aplikasi dan perawatan yang tepat sepanjang hari.

"Bibir harus terhidrasi atau bibir Anda berisiko pecah-pecah sepanjang hari," ujar dia.

Baca juga: Make Over luncurkan lipstik dengan hasil akhir "semi-matte"

Baca juga: Rahasia lipstik agar Anda terlihat lebih muda saat rapat virtual


6. Overlining bibir
Menurut Eddie Funkhouser, salah satu pendiri dan direktur kreatif eksekutif Eddie Funkhouser Cosmetics, tren overlining bibir perlu dihentikan.

"Aku mengerti, kita semua ingin bibir yang lebih penuh dan tampak lebih indah. Tapi overlining sudah berubah, dari trik halus untuk meningkatkan kepenuhan cibiran Anda menjadi cukup banyak menggambar pada bibir," kata dia.

Funkhouser mengatakan, "Ada cara untuk membuat kontur bibir agar tampak lebih penuh tanpa membuat mulut Anda terlihat sangat penuh."

7. Alis yang terlalu sempurna
Allyson Roe, ahli kecantikan berlisensi dan penata rias berharap tren alis sempurna yang distencil (dibentuk sempurna) akan hilang.

"Terlihat seperti digambar dengan tajam dan stencil. Kadang-kadang ada lingkaran pucat dari concealer di sekelilingnya. Jika itu gayamu, maka bagus, tapi gaya ini akan membuat waktu berkencan begitu cepat," tutur Roe.

8. Selalu pakai foundation dan concealer
Merias wajah tak selalu membutuhkan foundation dan concealer. Roe mengatakan, terkadang hanya Anda hanya membutuhkan satu foundation saja tanpa harus mencampur satu atau dua alas bedak untuk mendapatkan warna dan konsistensi yang sempurna.

Menurut dia, tampilan tebal (dari foundation) dalam video tampak hebat dengan pencahayaan yang tepat, tetapi tugasnya sebagai penata rias adalah memastikan kulit kliennya tetap terlihat seperti kulit.

9. Bagan dan diagram kontur tidak berfungsi untuk setiap bentuk wajah
Beberapa situs kecantikan mengeluarkan bagan berbeda yang seharusnya membantu Anda menjadi ahli tata rias. Tetapi penata rias Tatiana Rivera mengatakan hal ini tidak cocok untuk semua orang.

"Diagram wajah ini tentang tempat Anda harus sorotan (riasan) dan menempatkan kontur tidak berlaku untuk setiap bentuk wajah," ujar dia.

Dia melanjutkan, "Seluruh teori di balik kontur adalah Anda mencoba yang terbaik untuk menciptakan ilusi wajah berbentuk oval dengan bentuk wajah oval yang ideal. Jadi, jika Anda memiliki wajah oval mengapa Anda membuat kontur lagi?" Demikian Insider dikutip Sabtu.


Baca juga: JD.id hadirkan fitur "AR Makeup Try-On"

Baca juga: Aturan untuk membuat tampilan alis sempurna

Baca juga: Tips mencegah pori-pori membesar

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Natural, trend make up terkini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar