Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menduga ada mafia dalam kasus penanganan ilegal loging atau pembalakan liar yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia.

"Saya percaya ada mafia di ilegal loging. Saya minta Satgas (Satgas Pemberantasan Mafia Hukum) harus bisa menjamah itu, untuk mengurangi bahkan menghentikannya," kata Presiden di Bandara Halim Perdana Kesuma Jakarta, Rabu, sebelum bertolak menuju Hanoi, Vietnam.

Menurut Presiden, pemberantasan mafia kasus ilegal loging sangat penting selain untuk penegakan hukum juga untuk melestarikan hutan dan lingkungan hidup di seluruh wilayah Indonesia.

Presiden juga menyampakan terimakasih atas dukungan LSM Green Peace dan Walhi yang selama ini terus mengkritik dan peduli terhadap pemeliharaan lingkungan hidup di Indonesia.

"Semangat Pemerintah dan LSM itu sama dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup," kata Presiden.

Untuk itu, Presiden mendorong agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bermitra dengan LSM Lingkungan Hidup untuk menyelamatkan hutan dan lingkungan hidup.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menginstruksikan agar semua oknum di instansi yang terkait kasus Gayus Tambunan dibersihkan untuk menyelesaikan kasus itu.

"Saya menginstruksikan hal sama dilakukan di instansi lain (selain Kemkeu) sesuai aturan dan hukum yang berlaku," katanya.
(D012/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010