Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Tjahjo Kumolo menilai, sebagai negara besar dalam Persatuan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Indonesia perlu berperan mengajak anggota ASEAN mencermati gejolak di Thailand.

"Bagaimanapun, kasus dalam negeri Thailand setidaknya sudah mengganggu kondisi kawasan regional, khususnya ASEAN," ujarnya kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Tjahjo yang baru saja terpilih sebagai Sekjen DPP PDI Perjuangan menggantikan Pramono Anung (Wakil Ketua DPR RI) menambahkan, upaya mencermati gejolak dan kerusahan di Thailand sangat penting guna membangun situasi kondusif kawasan.

"Dan lagi, Thailand itu kan sama-sama pendiri dan anggota ASEAN, saudara sebangsa di kawasan tenggara Asia Tenggara yang punya hubungan baik dengan RI maupun sesama anggota ASEAN lainnya. Kita perlu membangun solidaritas untuk tetap hidup dalam semangat bersama," katanya lagi.

Tjahjo meminta Indonesia tidak pasif mencermati gejolak di Thailand itu dan mengambil inisiatif mengkonsolidasi ASEAN, kalau perlu lewat forum Asia Pasifik dan Selatan-Selatan.

"Sebab, ini juga merupakan bagian dari semangat `ASEAN Charter` (Piagam ASEAN), dan menjalankan kebijakan politik luar negeri RI yang bebas aktif," tandasnya. (*)

M036/E001/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010