Serang (ANTARA News) - Dinas tenaga kerja dan transmigrasi (disnakertrans) Provinsi Banten mengeluarkan sekitar 7.000 formulir bagi para pencari kerja di Banten dalam bursa kerja atau "job fair" yang digelar di Alun-alun Barat Kota Serang sejak Jumat (23/4) sampai Minggu (25/4).

Koordinator Humas dan Perlengkapan Disnakertrans Provinsi Banten Sutarjo di Serang, Minggu mengatakan, jumlah formulir yang keluar dalam job fair tahun 2010 jauh lebih kecil dibandingkan dengan formulir yang dibagikan pada job fair tahun 2009 lalu yang mencapai 40.000 formulir.

Namun demikian, kata Sutarjo diperkirakan jumlah pengunjung job fair tahun 2010 tidak jauh berbeda dibandingkan dengan jumlah pengunjung job fair tahun 2009, bahkan kemungkinan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun lalu diperkirakan ada 40.000 pengunjung, tahun ini sekitar 50.000. Sebab, setiap hari pengunjung selalu ramai," katanya.

Jumlah pengunjung yang meminta formulir kepada panitia hanya sekitar tujuh ribu orang pada job fair tahun ini, jumlah tersebut menurun dibanding tahun sebelumnya karena diperkirakan para pengunjung langsung mengambil formulir ke stand perusahaan tidak melalui pintu pendaftaran Disnakertrans.

"Kami sudah mengumumkan kepada pengunjung agar mengambil formulir di panitia. Namun mungkin karena banyaknya peserta yang datang ke stand, sehingga perusahaan akhirnya langsung mendata para pelamar," katanya.

"Beberapa perusahaan sudah merasa cukup mendapatkan para pencari kerja. PT Yasunaga dan PT Grand Pintalan misalnya sudah menutup stand mereka dan diganti oleh Bank Bukopin pada hari terakhir," kata Sutarjo.

Namun, sejumlah stand masih kekurangan calon pekerja, misalnya stand PT Garuda Indonesia yang hanya memiliki 200 pendaftar. Padahal mereka membutuhkan sekitar 600 tenaga kerja untuk ditempatkan sebagai pramugari.

Di Stand PT Indah Kiat Pulp and Paper (PT IKPP), jumlah pelamar yang memasukan lamaran ke stand tersebut mencapai 140 orang. Padahal pada job fair tahun lalu yang mencapai 600 orang.

"Mungkin karena salah satu persyaratan lulusannya minimal harus tahun 2008. Sementara yang datang kebanyakan lulusan di bawah itu," kata Diah salah seorang petugas Humas stand PT KIPP.

Bursa kerja yang diselenggarakan Disnakertrans Banten dimulai 23 hingga 25 April 2010 diikuti sekitar 51 perusahaan yang ada di wilayah Provinsi Banten. Menurut data Disnakertrans ada sekitar 16 ribu lowongan pekerjaan yang ditawarkan dalam job fair tersebut. (M045/G001)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010