Wina (ANTARA News/AFP) - Austria siap menggandakan bantuan untuk Yunani yang dilanda utang, jika mitra-mitranya meningkatkan kontribusi mereka juga, Menteri Keuangan Josef Proell mengumumkan pada Rabu.

"Jika jumlah tersebut bertambah besar, kontribusi kita juga akan meningkat," kata Proell kepada wartawan setelah pertemuan mendadak dengan direksi bank Austria di Wina untuk membahas pinjaman ke Yunani.

Austria siap untuk memberikan pinjaman kepada Yunani hingga dua miliar euro (2,64 miliar dolar), yang lebih dari dua kali lipat 858 juta euro yang telah dijelaskan sebelumnya, kata Proell.

Tapi dia menegaskan, uang tidak akan datang tanpa syarat.

"Kami akan membuat uang tersedia ketika semua anggota zona euro membayar ke pot dan ketika Yunani memenuhi bagian mereka," kata Proell.

Yunani telah meminta Uni Eropa dan IMF untuk mengumpulkan paket bantuan keuangan senilai sekitar 45 miliar euro (60 miliar dolar) untuk membantu penyelamatan ekonominya yang terlilit utang.

Pada Rabu, dua anggota parlemen Jerman mengatakan ukuran dari paket bailout (talangan) bersama UE-IMF bisa setinggi 120 miliar euro (158 miliar dolar) selama tiga tahun. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010