Medan (ANTARA News) - Sumatera Utara dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Biliar Internasional atau "Guinness World Series of Pool 2010" yang rencananya digelar di Medan, Sabtu, (1/5).

Kejuaraan akbar yang diadakan di Kota Medan itu memperebutkan hadiah total 95.000 dolar AS atau hampir Rp 1 miliar, kata Ketua Umum Pengprov POBSI Sumut, Salomo TR Perdede, di Medan, Kamis.

Kejuaraan biliar bertarap internasional itu dapat terselenggara, menurut dia, berkat kerja sama pihak sponsor Guinnes dengan PB POBSI dan Pengprov POBSI di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut perlu didukung dan ini merupakan kesempatan baik bagi Sumut.

Selain itu, katanya, dengan diadakannya kejuaraan dunia tersebut, dapat menambah wawasan dan pengalaman bagi pebiliar muda di Sumut.

"Jadikan lah kejuaraan biliar itu untuk meningkatkan prestasi pebiliar Sumut," kata Salomo.


Lima seri

Kejuaraan biliar tingkat dunia itu sebanyak lima seri, dipercaya sebagai pelaksana City Finals untuk kualifikasi wilayah barat.

Kelima seri tersebut akan dilaksanakan secara bergantian di 5 rumah biliar di Medan, yakni Seri I 1-2 Mei 2010 di Vegas Biliar (Jalan Brigjend katamso),Seri II 7-8 Mei 2010 di Monaco Biliar (Jalan Pasar Merah), Seri III 14-15 Mei 2010 di Heaven Heal (Perisai Plaza), Seri IV 21-22 Mei 2010 Snok Biliar (Kapital Building), Seri V 28-29 Mei 2010 di Solar Biliar (Yang Lim Plaza).

Kemudian untuk City Finals sebagai babak kualifikasi Wilayah Barat akan dilaksanakan di Atrium Plaza Palladium Medan, 4-6 Juni 2010.Pada City Finals tersebut akan bertarung 32 pebiliar (juara-juara dari Sumut, Palembang dan Pekan Baru).

Di Medan setiap seri akan meloloskan 4 pebiliar ke City Finals.20 pebiliar dari Sumut akan bertarung di City Finals.Kemudian dari Palembang dan Pekanbaru masing-masing akan mengirimkan 6 pebiliar.Jadi total 32 pebiliar akan berlaga di City Finals.

Dibabak kualifikasi (City Final Medan) akan meloloskan 8 pebiliar menuju babak grand final pada 28 Juli-1 Agustus 2010 di Mall Taman Anggrek Jakarta.

Pada babak grand final, 64 pebiliar hasil dari kualifikasi disetiap Kota dan pebiliar tanggguh tingkat dunia akan saling unjuk ketangkasan.

Kejuaraan biliar internasional tersebut digelar di 13 Kota di Indonesia.Ke-13 Kota tersebut adalah Medan ( 5 seri plus city Finals),

Pekanbaru (3 seri), Palembang (3 seri), Jakarta (5 seri), Bandung (4 seri),Semarang (3 seri), Surabaya ( 4 seri), Bali (3 seri),Pontianak ( 1 seri),Makassar (8 seri), Manado (3 seri), Palu (1 seri) dan Ambon (1 seri).

Ketua Harian KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis memberikan apresiasi yang tinggikepada Pengprov POBSI di provinsi itu yang selalu getol melakukan pembinaan biliar.

Sementara itu Tournament Director Fadil Nasution mengatakan bahwa persiapan penyelenggaraan kejuaraan tersebut telah siap termasuk venues dan wasit.

"Kami akan tetap berkoordinasi dengan pihak sponsor, agar kejuaraan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses," kata Fadil. (M034/K004)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010