Banda Aceh (ANTARA News) - FonNa, robot buatan mahasiswa Politeknik Aceh, merupakan satu-satunya karya yang mewakili Aceh dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2010 yang digelar di Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung.

"Debut pertama ini kita harapkan Fonna mampu bersaing dengan tim robot lain dan meraih prestasi yang membanggakan," kata Direktur Politeknik Aceh, Zainal Hanafi, di Pangkal Pinang, Sabtu.

KRI 2010 Regional Sumatera itu berlangsung sejak 30 April hingga 1 Mei ini merupakan ajang seleksi untuk mewakili Indonesia ke tingkat Internasional ABU Robocon 2010 yang akan berlangsung di Kairo, Mesir, pada 19 September .

Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim luar negeri.

Zainal mengatakan, FonNa yang berarti robot yang dibuat pertama kali oleh mahasiswa Politeknik Aceh merupakan satu-satunya perwakilan Aceh di KRI 2010 dari 15 peserta yang lolos seleksi tahap dua.

Pada seleksi tersebut, juga diikuti Tim Egypt212 Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh serta tim Barracuda Politeknik Lhokseumawe, namun tidak lolos seleksi untuk ikut di KRI.

Dijelaskannya, FonNa tergabung dalam grup D, bersama Tim "Khuly_bangunan" Universitas Bung Hatta Padang dan Juara KRI tingkat regional tahun lalu, tim tuan rumah "Nyu-Sun 3P" Polman Timah Bangka.

Pada kontes yang bertemakan "bersama membangun Candi Prambanan" ini, setiap peserta ditugasi untuk membangun tiga buah piramid secara bertahap.

Jika tim Politeknik Aceh yang beranggotakan Ramadhan Arika (mahasiswa Teknik Elektro), Febri Satria dan Irwan Syahputra (mahasiswa Teknik Mekatronika) Pemenang tingkat regional ini akan ikut KRI 2010 tingkat nasional pada 19-20 Juni 2010 di Malang.

(T.D016/A011/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010