Jakarta (ANTARA) - Bintang "The Mandalorian", Gina Carano, telah memicu penolakan dan dukungan dari penggemar "Star Wars" dan "The Mandalorian", setelah Carano mencuitkan sejumlah tweet kontroversial.

Dilansir Indie Wire, Senin, sejumlah tweet kontroversial dari Carano termasuk tentang penggunaan masker dan dugaan penipuan hipotetis pemilih (hypothetical voter fraud).

Baca juga: 10 fakta menarik tentang "The Mandalorian"

Baca juga: "The Mandalorian" pimpin kemenangan Creative Arts Emmy Awards 2020


Aktris, yang berperan sebagai Cara Dune di "The Mandalorian" itu sebelumnya juga sempat dituduh mengejek kata ganti transgender di media sosial.

Tagar #FireGinaCarano mulai populer minggu lalu, tetapi terus membangun momentum setelah Disney+ mengeluarkan episode "Chapter 12" dari "The Mandalorian" pada hari Jumat, yang dibintangi Carano.

Namun di saat yang sama, #StandWithGinaCarano juga mulai menjadi trending di Twitter sebagai tanggapan dari penggemar yang merasa imbauan untuk mengeluarkan Carano dari pertunjukan adalah contoh lain dari penyensoran, dan "cancel culture" yang sudah terlalu jauh.

“Pengganggu. Saya #StandWithGinaCarano dan saya tidak konservatif," cuit seorang penggemar yang mendukung Carano.

"Sekarang saya harus menonton @themandalorian dengan fakta bahwa Gina Carano adalah pendukung Trump, transphobe, dan anti masker? Bisakah kamu #FireGinaCarano saja, Disney?" cuit penggemar lain.

Kontroversi lain telah memicu petisi media sosial bagi Disney untuk menggantikan Carano. Aktris dan mantan bintang MMA juga mengumumkan di Twitter pada awal November bahwa dia akan memindahkan kehadirannya di media sosial ke aplikasi Parler.

Bagaimanapun, Carano belum sepenuhnya meninggalkan Twitter, karena dia sempat men-tweet pada akhir pekan setelah perilisan episode "The Siege".

Ini bukanlah yang pertama kali bagi Carano untuk berselisih dengan penggemar. Pada musim panas, penggemar menuduhnya diam selama gelombang gerakan "Black Lives Matter", dan menyoroti tweet yang disukai Carano yang meremehkan protes.

Namun, banyak dari penggemar setia "Mandalorian" tetap mendukung Carano sepanjang pertunjukan yang telah melihat kontroversi lainnya.

Disney belum menanggapi reaksi tersebut, meskipun dunia spin-off "Star Wars" telah melihat keributan serupa di masa lalu.

Pada tahun 2018, aktris Rachel Butera, yang mengisi suara Leia Organa dalam animasi "Star Wars Resistance," diubah ulang setelah mengejek suara Dr. Christine Blasey Ford di media sosial.


Baca juga: "The Mandalorian" musim 2 tayang pada 30 Oktober

Baca juga: Bryce Dallas Howard sutradarai satu episode "The Mandalorian 2"

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020