Jakarta (ANTARA News) - Tim "7 Summits Expedition" atau tim pendakian puncak tertinggi di tujuh benua menunggu hasil tes fisik dan tes gizi yang dilakukan usai pendakian ke Puncak Ndugu-Ndugu Papua.

Tes fisik dan tes gizi dilakukan di Universitas Padjadjaran Bandung oleh seluruh anggota pendaki, terutama enam pendaki utama yang tergabung dalam Tim Alpha.

"Tinggal menunggu hasilnya saja. Tes gizi telah dilakukan 4 Mei lalu, sedangkan tes fisik baru dilakukan kemarin, Kamis (6/5)," kata Ketua Harian "7 Summits Expedition" Yoppie R. Saragih saat dikonfirmasi dari Jakarta.

Menurut dia, dalam tes fisik seluruh komponen pendaki diperiksa dengan teliti oleh tim dari Universitas Padjadjaran yang juga salah satu pendukung ekspedisi ini.

Tes fisik yang dilakukan, di antaranya daya ledak otot, ketahanan (fungsi vital) jatung dan paru-paru, ketahanan fisik, serta kekuatan masing-masing pendaki.

"Tes meliputi seluruh fisik pendaki. Berdasarkan hasil sementara, kondisi fisik pendaki cukup bagus," katanya menambahkan.

Khusus latihan fisik sesuai dengan jadwal yang ada dimulai 10 Mei nanti. Hanya saja, kata dia, saat ini pihaknya belum bisa memberikan keterangan dengan pasti lokasi latihan fisik.

Sebelumnya, pihak panitia menyiapkan lokasi alternatif untuk latihan fisik, di antaranya Bukit Citatah, Gunung Cermai, Gunung Bromo, dan Semeru.

Tim "7 Summits Expedition" yang tergabung dalam Tim Alpha terdiri atas Djukardi Adriana, Muhammad Gunawan, Agus Nugraha, Fajar, dr. Gunawan Mutiara, dan enam pendaki inti, yaitu Iwan Irawan, Ardesir Yaftheby, Martin Rimbawan, Nurhuda, Fadjri Al Luthfi, dan Gina Afriani.

Setelah mencapai puncak Ngudu-Ndugu/Cartenz Pyramid (4884) di Papua Indonesia, Minggu (18/4) Tim "7 Summits Expedition" akan melanjutkan pendakian ke puncak tertinggi di enam benua yang lain.

Sasaran kedua pendakian adalah Puncak Kilimanjaro (5892) di Tanzania Afrika medio Juli-Agustus 2010. Selanjutnya Pucak Elbrus (5642) di Rusia medio Agustus-September.

Sasaran keempat adalah Puncak Vinson Massif (4897) di Antartika medio Desember 2010-Januari 2011, sasaran kelima Puncak Denali/Mc Kinley (6194) di Alaska medio April-Mei 2011.

Sasaran keenam adalah Puncak Aconcagua (6962) di Argentina medio November-Desember 2011 dan sasaran ketujuh adalah Puncak Sagarmatha/Everest (8850) di Nepal medio April-Mei 2012.
(B016/B010)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010