Jakarta (ANTARA News) - Tim "7 Summits Expedition" atau tim pendaki puncak tertinggi dunia di tujuh benua mulai fokus latihan panjat tebing guna menyiapkan diri untuk pendakian kedua yaitu ke puncak Puncak Kilimanjaro (5892) di Tanzania, Afrika medio Juli-Agustus 2010.

Ketua Tim Pendaki "7 Summits Expedition" Ardeshir Yaftebbi saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin mengatakan, sesuai dengan jadwal yang ada, latihan panjat tebing dilalukan secara berkala dan diikuti seluruh anggota tim.

"Lokasi panjat tebing di Citatah Padalarang. Sesuai dengan jadwal latihan panjat tebing dilakukan sebanyak empat kali mulai pekan ini hingga awal bulan Juli nanti. Yang jelas latihan hanya dilakukan pada akhir pekan saja," katanya.

Menurut dia, latihan panjat tebing salah satu tujuannya adalah untuk membentuk kembali otot-otot setelah menjalani masa istirahat pasca pendakian pertama yaitu ke Puncak Ndugu-Ndugu (Cartenz Pyramid) di Papua beberapa waktu lalu.

Selain itu, panjat tebing dilakukan untuk mengenal karakter puncak yang akan didaki berikutnya. Meski tidak sesulit pendakian di Puncak Cartenz, kata dia, persiapan harus dilakukan secara maksimal.

"Selain panjat tebing kami juga memperbanyak latihan lari. Lari sangat bagus untuk mengatur nafas agar mampu menghemat oksigen selama melakukan pendakian," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang diperoleh terkait karakteristik Puncak Kilimanjaro berbeda dengan Puncak Cartenz. Yang dibutuhkan pada pendakian kedua ini adalah fisik yang kuat karena harus melakukan "tracking" yang panjang. Dengan demikian diperlukan ketahanan tubuh yang kuat.

"Data yang kami peroleh Puncak Kilimanjaro sangat minim oksigen. Jadi kami harus latihan penuh agar mampu menghadapinya. Yang jelas secara teknis pendakian lebih mudah," katanya menegaskan.

Tim pendaki atau lebih dikenal dengan Tim Alpha ini selain fokus pada latihan panjat tebing dan lari juga akan melakukan pendakian salah satunya ke Gunung Gede Pangrango Jawa Barat. Sesuai dengan jadwal pendakian akan dilakukan pekan kedua bulan Juni nanti.

Pendaki "7 Summits Expedition" yang tergabung dalam Tim Alpha terdiri dari 11 orang dengan enam pendaki utama yaitu Ardesir Yaftheby, Iwan Irawan, Martin Rimbawan, Nurhuda, Fadjri Al Luthfi, dan Gina Afriani.

Adapun sasaran pendakian setelah Puncak Ndugu-Ndugu (4884) Papua selanjutnya adalah Puncak Kilimanjaro (5892) di Tanzania Afrika medio Juli-Agustus 2010. Selanjutnya Pucak Elbrus (5642) di Rusia pada pertengahan Agustus-September.

Sasaran keempat adalah Puncak Vinson Massif (4897) di Antartika pada pertengahan Desember 2010-Januari 2011, sasaran kelima Puncak Denali/Mc Kinley (6194) di Alaska pada pertengahan April-Mei 2011.

Sasaran keenam adalah Puncak Aconcagua (6962) di Argentina pada pertengahan November-Desember 2011 dan sasaran ketujuh adalah Puncak Sagarmatha/Everest (8850) di Nepal pada pertengahan April-Mei 2012.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010