Bor lubang persegi, alat efisien instalasi listrik karya mahasiswa UMM

Bor lubang persegi, alat efisien instalasi listrik karya mahasiswa UMM

Skema cara kerja alat instalasi listrik yang lebih efesien karya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (ANTARA/HO/UMM/END)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Ilham Akbar R. Supu, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), merancang alat yang dapat mempermudah proses pemasangan instalasi listrik yakni bor lubang persegi (Drill Square Hole).

"Awalnya saya baca-baca kajian pustaka tentang instalasi listrik untuk mata kuliah Proyek Desain Tim, ternyata pekerjaan ini membutuhkan waktu yang cukup panjang," kata Ilham di Malang, Jawa Timur, Jumat.

Mahasiswa yang kini sedang menempuh skripsi ini mencoba untuk mengembangkan alat yang sudah ada sebelumnya dan menyesuaikan dengan model instalasi listrik yang ada di Indonesia.

“Alat ini sebenarnya sudah ada di negara lain, tapi ya tidak bisa serta merta diaplikasikan di Indonesia. Jadi, saya merancang ulang menyesuaikan yang ada di sini,” papar mahasiswa asal Makassar ini.

Baca juga: Mahasiswa UMM rancang alat siram otomatis jamur tiram

Drill Square Hole didesain untuk mempersingkat waktu pemasangan instalasi listrik bagi pekerja bangunan pada proyek bangunan besar.

Menurutnya, proses pemasangan instalasi listrik paling panjang terletak pada proses pelubangan tembok maupun gipsun.

“Jadi, pekerja bangunan, apalagi untuk pekerja bangunan di proyek seperti hotel atau perkantoran, paling lama ya di proses pelubangan dindingnya,” paparnya.

Ia menambahkan alat ini dirancang untuk menghindari risiko kecelakaan kerja yang sering dialami oleh pekerja bangunan saat proses instalasi listrik, seperti masuknya serpihan material pada mata saat proses pelubangan dinding.

“Waktu proses instalasi listrik, pekerja bangunan masih sering mengalami kecelakaan kerja, salah satunya masuknya serpihan material pada mata," katanya.

Alat yang berhasil masuk lima besar karya terbaik pada ajang Kompetisi Mahasiswa Muhammadiyah Nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AST-PTM) ini juga mempunyai manfaat lain, yakni hasil pelubangan untuk pemasangan saklar lebih rapi dibandingkan menggunakan model tradisional.

Baca juga: Mahasiswa UMM rancang alat olahraga untuk penyandang tuna daksa

“Karena saya berfokus untuk mempersingkat waktu kerja dengan hasil yang maksimal, alat ini saya desain dengan model yang mudah dioperasikan," tuturnya.

Alat ini dilengkapi dengan paku center yang berfungsi sebagai titik pusat awal pelubangan agar tidak terjadi pergeseran pada saat pelubangan dinding.

"Drill Square Hole ini dilengkapi dengan paku center yang membuat proses pelubangan lebih cepat dengan hasil yang sempurna," ujar Ilham.

Baca juga: UMM kembangkan jamu herbal pengganti AGP untuk ternak
Baca juga: "Master", robot pemroses sampah karya mahasiswa UMM
Baca juga: Mahasiswa UMM buat aplikasi Citra untuk pembelajaran Bahasa Indonesia

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PLN periksa 2.020 instalasi rumah terdampak banjir di Jabodetabek

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar