Anggota MPR ajak warga Banyumas junjung nilai toleransi beragama

Anggota MPR ajak warga Banyumas junjung nilai toleransi beragama

Anggota DPR/MPR RI Siti Mukaromah saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (27/11/2020). ANTARA/HO-Tim Siti Mukaromah

Banyumas (ANTARA) - Anggota MPR RI Siti Mukaromah mengajak warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi beragama dalam kehidupan sehari-hari.

"Menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan dalam beragama sudah final bagi kita," katanya saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diikuti tokoh masyarakat dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) se-Kabupaten Banyumas di Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Menurut dia, Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia tidak luput dari perumusan para ulama.

"Dalam sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, memberikan arah agar dalam kehidupan bernegara yang memiliki beberapa agama dapat memiliki toleransi yang kuat," kata Siti Mukoromah yang akrab disapa Erma ini.

Baca juga: Ketua MPR ajak kader KAMMI tingkatkan toleransi beragama

Selain toleransi beragama, dia juga menyoroti masalah musyawarah seperti yang tertuang dalam sila keempat dalam Pancasila, yakni Permusyawaratan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan musyawarah menjadi keharusan dalam membuat berbagai keputusan.

"Posisi anggota DPR merupakan perwakilan masyarakat untuk bermusyawarah dalam menentukan berbagai arah kebijakan pembangunan pemerintah dari tingkat kabupaten sampai dengan pusat," katanya.

Baca juga: MPR fasilitasi dialog tokoh nasional lintas agama

Dalam kesempatan tersebut, Erma menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta sosialisasi karena telah mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama kegiatan.

"Saya tidak ingin setelah forum ini terjadi klaster baru. Untuk itu, selama acara ini tolong gunakan masker," katanya menegaskan.

Dia juga mengajak seluruh peserta untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan serta terus menyosialisasikannya kepada masyarakat luas agar terhindar dari penularan COVID-19.

Baca juga: MPR: Jaga keberagaman dan toleransi

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Empat anggota DPD perebutkan kursi pimpinan MPR

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar