Jakarta (ANTARA News) - Hasil Survei Konsultan Citra Indonesia (LSI) tentang persepsi keterpilihan (elektabilitas) calon ketua umum Partai Demokrat bahwa kandidat Anas Urbaningrum memperoleh dukungan 19 persen suara responden, disusul Marzuki Alie (11,4 persen) dan Andi Mallarangeng (10.4 persen), dan 59,2 persen responden belum menentukan pilihan (swing votters).

Direktur KCI Barkah Pattimahu kepada pers di Jakarta, Senin, menjelaskan, KCI melakukan survei dengan melakukan wawancara melalui telepon, selama 8-11 Mei 2010. Responden sebanyak 229 orang berasal dari para ketua DPD dan DPC Partai Demokrat dengan tingkat kesalahan sekitar 5 persen.

Menurut Barkah, dari hasil survei bahwa mereka yang belum punya pilihan kandidat (swing votters) dan faktor "intervensi" SBY akan menjadi kunci kemenangan bagi Anas Urbaningrum (AU), Andi Mallarangeng (AM) , maupun Marzuki Alie (MA) sebagai ketum PD dalam Kongres PD di Bandung pada 21-23 Mei mendatang.

"Seuai analisis dari suvei KCI bahwa nantinya ada tiga faktor penentu swing votter akan memberikan suara ke kandidat tertentu, seperti intervensi langsung dari SBY, kemungkinan adanya politik uang yang signifikan dan kemungkian penggabungan suara kandidat antara MA-AU, atau AM-AU atau AM-MA," katanya.

Barkah menegaskan, segala kemungkinan bisa saja akan terjadi sebelum masuk arena atau di dalam kongres PD, bahkan kemungkinan ada calon di luar tiga kandidat tersebut. "Kematangan strategi masing-masing tim sukses kandidat yang akan membantu memperjelas arah swing votters," ujarnya.

Dia mengatakan, dari hasil survei terlihat bahwa masing-masing kandidat calon ketum PD memiliki pendukung militan. Dengan tingkat dukungan yang relatif seimbang, sehingga dengan dukungan yang seimbang ini, maka persaingan kemungkinan akan berlangsung ketat.

Hasil survei KCI juga menunjukkan untuk ketegori kemampuan memimpin Partai Demokrat, Anas Urbaningrum memperoleh dukungan 18,9 persen responden, kemudian Marzuki Alie (16,7 persen) dan Andi Mallarangeng (14,7 persen).

Untuk kategori lebih berjasa bagi Partai Demokrat, Marzuki Alie mendapat dukungan 39,2 persen responden, disusul Anas Urbaningrum (7,3 persen) dan kemudian Andi Mallarangeng (3,9 persen) dan sisanya belum menjawab.

Sementara untuk kategori persepsi siapa yang lebih didukung SBY, Andi Mallarangeng mendapat angkatertinggi sebanyak 20,9 persen responden, diikuti Anas Urbaningrum (4,5 persen), dan disusul Marzuki Alie sebanyak 2,8 persen.(*)
(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010