Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pembukaan Hari Kebangkitan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (yang diselenggarakan dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam acara diselenggarakan di Aula FKUI, Jakarta, Jumat, pukul 09.00 WIB itu, Presiden akan menyampaikan pidato berjudul "Pembangunan Nasional Berwawasan Kesehatan."

Hari Kebangkitan Alumni FKUI mengambil tema "Bersama Kita Peduli dan Cinta Almamater Demi Kemajuan Negeri" diselenggarakan untuk membangkitkan semangat pengabdian segenap alumni FKUI agar berkarya bagi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Momentum Hari Kebangkitan Nasional 2010 digunakan sebagai hari kebangkitan luhur profesi kedokteran terutama dalam membela dan memperjuangkan masyarakat kurang mampu.

Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 1908 diperingati untuk mengenang gerakan Budi Utomo di sekolah Dokter Jawa untuk memerangi penyakit pes di Malang pada 1847 sebagai cikal bakal FKUI.

Gerakan Budi Utomo pada akhirnya menjadi momentum kebangkitan kesadaran nasional dalam sejarah perjuangan bangsa.

Dengan peringatan Kebangkitan Nasional, FKUI tidak hanya mengutamakan pendidikan tapi juga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

FKUI ingin secara konsisten menanamkan kecintaan dan kepedulian terhadap masyarakat tidak mampu dalam diri segenap lulusan FKUI.

Rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Akumni FKUI antara lain gerakan kampus "Go Green", launching radio medik, serta pameran foto dan kesehatan bertema "Peran Komunitas Kampus Salemba 6 Dalam Proklamasi Kemerdekaan dan Kebangkitan Nasional" serta Reuni Akbar Ikatan Alumni FKUI.
(D013/A011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010