Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael (14) bersama rekannya Alexandra "Andra" Asmasoebrata dan Ryan Anthoni Monoarfa maju ke putaran final kejuaraan go-kart "CIK-FIA World KF" dan "CIC-FIA Asia Pacific KF2" di Sirkuit Suzuka Jepang setelah melakukan perlombaan pra-final Sabtu.

"Sean dan rekannya menjalani putaran pra-final Sabtu. Ia sudah berada di urutan ke-12 tetapi ditabrak dari belakanga sehingga posisinya melorot ke posisi ke-20," kata ayah Sean, Ricardo Gelael, ketika dihubungi ke Jepang, Sabtu.

Menurut Ricardo, Andra berada di urutan ke-17 dan Ryan di urutan ke-19 dan ketiga pebalap Indonesia yang bernaung dalam Serge GP Motorsport itu berhak mengikuti babak final Minggu.

Ricardo mengatakan, pada nomor yang diikuti ketiga pebalap Indonesia itu, sebanyak 20 atlet dari berbagai negara akan tampil. "Kemungkinann besok hujan, sehingga perlombaan akan ketat," kata Ricardo sembari menambahkan, Sean sudah menampilkan perlombaan menarik di pra-final itu dan diharapkan pada final Minggu akan lebih baik.

Sean, juara nasional navigator reli 2008 sengaja mengikuti perlombaan di Jepang karena di Indonesia dia sudah mencapai jenjang juara go-kart di kelasnya dan dia ingin menimba ilmu dan pengalaman secara internasional.

"Lomba ini amat bagus untuk pengalaman mereka, meningkatkan nyalinya, dan melenturkan lengan dan mengemudi kendaraannya," kata Ricardo, juara reli nasional 2006.

"Kami tidak ada target-targetan. Yang penting ikut berlatih dan berlomba agar lebih terbiasa membalap bersama para pebalap dunia," kata Ricardo sehari sebelumnya.

Ketiga pembalap diberangkatkan untuk berlatih di Jepang sejak 12 Mei lalu dan diharapkan mereka mempunyai waktu latihan cukup dan dapat beradaptasi dengan karakter sirkuit, kata Ricardo.(*)

(T.A008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010