Sentani (ANTARA News) - Pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Jayapura, Papua terus bergotong-royong "mendandani" arena Festival Danau Sentani (FDS) yang terletak di kawasan wisata Kalkote, Distrik Sentani Timur.

"Upaya ini dilakukan untuk menyambut kedatangan ribuan tamu-undangan dan wisatawan Nusantara (Wisnu) dan wisatawan mancanegara (Wisman) yang akan hadir pada pesta budaya akbar yang digelar pada 19-23 Juni mendatang," kata Ketua Panitia FDS 2010, Ir Anna O.S.H. Sawai, di Sentani ibukota Kabuaten Jayapura, Kamis.

Anna mengatakan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Jayapura merupakan tuan rumah pesta budaya tersebut sehingga penataan lokasi pelaksanaan FDS akan lebih banyak menyedot perhatian untuk diperbaiki dan dibenahi.

"Semua fasilitas yang diperlukan pada FDS dibenahi dan diperbaiki, mulai dari arena atraksi seni-budaya, stand pameran termasuk panggung, jalan masuk lokasi dan sebagainya.Semuanya dibenahi," katanya.

Ia mengatakan, untuk infrastruktur jalan masuk ke arena FDS akan diperlebar, stand yang tadinya hanya menggunakan atap daun sagu akan diganti semi permanen sementara stand di sebelah Barat arena FDS akan ditambah begitupun dengan lapangan upacara akan diratakan sehingga tidak tergenang air.

Dikatakannya, kekurangan yang dialami pada FDS dua tahun berturut-turut akan dibenahi semua pada tahun ketiga pesta budaya ini.

Menurutnya, perbaikan sudah rutin dilakukan karena tempat tersebut bukan hanya untuk pelaksanaan FDS tetapi juga untuk kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan, tetapi untuk pelaksanaan FDS tentu saja arena ini perlu "dipercantik" lagi.

Pesta budaya akbar ini,lanjutnya tidak hanya dihadiri masyarakat Kabupaten Jayapura tetapi seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, kabupaten lain di luar Papua bahkan para tamu undangan dari mancanegara khususnya Duta Besar dari negara-negara sahabat.

Dikatakannya, begitu pula dengan tempat-tempat wisata lainnya di Kabupaten Jayapura akan dibenahi sehingga setiap pengunjung yang datang menyaksikan pelaksanaan FDS juga bisa berkunjung ke tempat tersebut sebelum meninggalkan Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura.

"Kabupaten Jayapura banyak mempunyai tempat wisata dengan panorama indah yang tidak dimiliki daerah lainnya di Indonesia dan juga tempat-tempat bersejarah terutama peninggalan Perang Dunia II," ujarnya.

Konsep FDS tahun ini dikemas lebih modern namun tidak menghilangkan nilai budaya Papua pada umumnya dan Sentani pada khususnya.

Kabupaten Jayapura memiliki luas wilayah 17.516 Km2 dan telah memekarkan dua kabupaten baru yaitu Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Keerom. Berpenduduk 12.369 jiwa yang bermukim di 137 kampung. Luas Danau Sentani 110 Km2.Terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini.

Pelaksanaan FDS akan dilaksanakan pada 19 Juni -23 Juni di Pantai Kalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, kurang lebih 3 Km dari pusat Kota Sentani ibukota Kabupaten Jayapura dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan, baik roda dua maupun empat dan perahu. (KR-HLM/B/JPR)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010