COVID-19 hingga "Tilik" jadi trending Google Year in Search 2020

COVID-19 hingga "Tilik" jadi trending Google Year in Search 2020

Google Year in Search 2020 Indonesia. (ANTARA/Google Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Google mengumumkan Year in Search 2020 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia, mulai dari COVID-19 hingga film pendek "Tilik".

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan. Namun, kita bisa melihat bahwa orang Indonesia tangguh dan terus maju menghadapi tantangan dan perubahan ini," ujar Fida Heyder, Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia, melalui jumpa pers virtual, Selasa (8/12).

Tantangan baru yang muncul di tahun ini, menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tetapi berusaha memahami kabar terbaru; mulai dari isu nasional seperti “Omnibus Law”, “Resesi”, “Kartu Pra-Kerja”, hingga “Odading” dan “WFH”.

Penelusuran yang trending tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan. Kita bisa melihat dari kata kunci seperti "cara membuat hand sanitizer", "cara mendaftar UKM online", "cara menjadi reseller", hingga "cara menjadi YouTuber pemula" adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Baca juga: Google apresiasi Noken Papua melalui Doodle

Baca juga: CapCut raih "Best for Fun" di Google Play Indonesia 2020


Normal baru menggerakkan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup.

Ada pertumbuhan minat pada hiburan dari Korea di Indonesia selama beberapa tahun ke belakang di banyak kategori mulai dari lagu, aktor/ aktris, serial TV, hingga resep.
 
Google Year in Search 2020 Indonesia. (ANTARA/Google Indonesia)


Ada pula tren teratas dari sosok dan kisah yang menghibur, hingga karya asal Indonesia seperti film pendek "Tilik" yang viral di tahun ini.

Selain sosok dan karya baru yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, seperti Bintang Emon, Didi Kempot, Glenn Fredly, Omas, dan sederet nama besar lainnya.

Ada 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: Siapa, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di dunia dapat mengunjungi google.co.id/2020 dan pengumuman Year in Search 2020 di channel YouTube Google Indonesia pada Rabu, 9 Desember 2020.

Baca juga: Apple Music kini tersedia perangkat Google Assistant

Baca juga: Google Fi berhenti dukung ponsel non-VoLTE mulai Januari

Baca juga: Google Street View izinkan pengguna tambahkan foto

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pria buta berlari sejauh 5 KM dipandu aplikasi di ponselnya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar