Banda Aceh (ANTARA) - Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh dan jajaran mengerahkan 835 personel untuk Operasi Lilin Seulawah 2020 dengan sasaran pengamanan liburan akhir tahun.

Operasi Lilin Seulawah 2020 ditandai penyematan pita operasi pada apel pasukan di Mapolda Aceh di Banda Aceh, Senin. Apel pasukan dipimpin Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada.

"Sasaran operasi adalah tempat keramaian, seperti di lokasi wisata, pusat perbelanjaan, dan rumah ibadah yang merayakan Natal," kata Irjen Pol Wahyu Widada.

Baca juga: Kakorlantas pastikan tidak ada check point selama Ops Lilin 2020

Selain personel Polri, operasi lilin juga melibatkan TNI dan instansi terkait seperti petugas perhubungan, SAR, petugas medis, pemadam kebakaran, dan lainnya.

"Personel dari instansi terkait lainnya mencapai 1.144 orang. Operasi lilin berlangsung hingga dua pekan ke depan," kata jenderal polisi bintang dua tersebut.

Kapolda mengatakan seluruh personel yang terlibat operasi lilin ditugaskan di 29 pos pengamanan dan 23 pos pelayanan yang tersebar di 23 kabupaten kota di Provinsi Aceh.

Irjen Pol Wahyu Widada mengatakan operasi lilin tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Libur akhir tahun ini berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, Kapolda Aceh mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan, seperti selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta menghindari kerumunan ketika liburan.

Kami ingatkan masyarakat jangan sampai liburan ini menjadi klaster baru penularan COVID-19. Pandemi COVID-19 masih berlangsung, jadi patuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19," kata Irjen Pol Wahyu Widada.

Baca juga: Forkopimda Jatim cek kesiapan Polri-TNI jelang Natal-Tahun Baru
Baca juga: Malam tahun baru, polisi siap bubarkan kerumunan di Jembatan Ampera

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020