Saham Aussie dibuka naik setelah PDB China lebih baik dari perkiraan

Saham Aussie dibuka naik setelah PDB China lebih baik dari perkiraan

Ilustrasi - Sejumlah pegawai sedang memperhatikan monitor bursa saham Australia (ASX). ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa pagi, bangkit dari level terendah delapan hari setelah data PDB dan produksi industri China lebih baik dari perkiraan.

Pada pukul 11.00 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 65,20 poin atau 0,98 persen menjadi 6.728,20 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 67,1 poin atau 0,97 persen pada 7.002,50 poin.

"Kalender pasar yang ramah dan hari libur AS semalam menunjukkan bahwa laba perusahaan dapat mendorong tindakan untuk sisa minggu ini. Kemarin, lebih kuat dari perkiraan PDB China dan data produksi industri meningkatkan prospek makro, menyeimbangkan risiko ekonomi dari meningkatnya pembatasan COVID," kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy mengatakan.

Baca juga: Pasar saham Australia ditutup merosot, ikuti pelemahan bursa AS

Di sektor keuangan, bank-bank besar melonjak dengan Commonwealth Bank naik 0,78 persen, ANZ naik 1,19 persen, National Australia Bank naik 1,14 persen dan Westpac Bank naik 1,70 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dicampur dengan Rio Tinto turun 0,15 persen, Fortescue Metals naik 0,65 persen, BHP naik 0,07 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,27 persen.

Baca juga: Saham Australia dibuka melemah terseret sektor sumber daya

Produsen-produsen minyak dan gas juga bervariasi dengan Oil Search naik 0,46 persen, Santos naik 0,14 persen dan Woodside Petroleum turun 0,75 persen.

Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 0,68 persen dan Woolworths naik 0,51 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra datar, maskapai penerbangan nasional Qantas naik 0,94 persen dan perusahaan biomedis CSL melonjak 1,19 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar