Hal ini demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan
Jakarta (ANTARA) - TransJakarta memastikan akan menambah petugas keamanan untuk meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan, khususnya saat berada di halte maupun dalam bus.

"Hal ini demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan," kata Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta, Achmad Izzul Waro, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya beredar rekaman video pencurian cairan pembersih tangan (hand sanitizer)  bus TransJakarta Mayasari (MYS 21235) rute Ragunan-Halimun (Koridor 6), Rabu (20/1) pukul 07.30 WIB.

Selain itu, kata Izzul, pihaknya mengajak masyarakat, khususnya pelanggan TransJakarta untuk turut berpartisipasi dalam menjaga fasilitas publik demi kepentingan bersama.

Baca juga: Keamanan dan integrasi, kunci utama transportasi umum kala pandemi

"Tentu saja, semua fasilitas publik harus dijaga bersama-sama. Apalagi ini adalah salah satu yang penting dan harus ada dalam transportasi publik. Karena dengan ini, semua pelanggan bisa merasa aman dan nyaman saat menggunakan layanan TransJakarta," katanya.

Izzul menjelaskan peristiwa pencurian hand sanitizer itu terekam kamera pengawas yang terpasang di bus tersebut.

"Fasilitas unggulan ini bermanfaat untuk memantau maupun mengawasi setiap tindakan demi memenuhi aspek keamanan maupun kenyamanan pelanggan TransJakarta," ucapnya.

Izzul juga membenarkan TransJakarta memang menyediakan hand sanitizer di bus maupun halte sebagai komitmen dalam implementasi protokol kesehatan, di samping ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan.

Baca juga: TransJakarta belum ada kerja sama dengan bus listrik Higer

Kendati akan melakukan berbagai upaya antisipatif terhadap pencurian fasilitas, Izzul mengatakan bahwa TransJakarta tetap mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak.

"Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata Izzul.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021