Tenis

Nadal lalui babak pertama Australian Open tanpa dihantui cedera

Nadal lalui babak pertama Australian Open tanpa dihantui cedera

Petenis Spanyol Rafael Nadal berlatih di Melbourne Park menjelang turnamen tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Minggu (31/1/2021). REUTERS/Loren Elliott/HP/djo (REUTERS/LOREN ELLIOTT)

Saya senang bisa lolos ke putaran kedua
Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor dua dunia Rafael Nadal bersyukur bisa melalui babak pertama Australian Open sesuai harapan dengan tidak sedikit pun terkendala cedera punggung yang sempat ia alami pekan lalu hingga menghalanginya tampil di turnamen beregu Piala ATP.

Di putaran pertama, Nadal mengalahkan petenis Serbia Laslo Djere 6-3, 6-4, 6-1 untuk mencapai babak kedua Grand Slam awal musim ini. Petenis kidal itu akan bertemu salah satu dari dua peserta kualifikasi, antara Michael Mmoh dan Viktor Troicki.

"Saya senang bisa lolos ke putaran kedua. Saya pikir saya menjalani pertandingan dengan baik hari ini," kata Nadal dalam wawancara usai pertandingan, yang dilansir dalam laman resmi ATP Tour, Selasa.

Petenis Spanyol itu tidak berlaga di Piala ATP karena cedera. Tapi Nadal tampil solid melawan petenis peringkat 56 dunia itu untuk melaju setelah satu jam 51 menit.

"Ini merupakan 15 hari yang berat bagi saya, karena saya memiliki beberapa masalah dengan punggung. Saya perlu bertahan hari ini, dan itulah yang saya lakukan. Saya hanya mencoba untuk fokus sepanjang waktu, mencoba untuk melewatinya," Nadal menceritakan.

Baca juga: Nadal alami sakit punggung jelang Australian Open
Baca juga: Nadal mundur dari ATP Cup karena masalah punggung saat lawan Australia


Nadal tidak bermain terlalu agresif, tetapi ia menghabiskan banyak aksinya dari baseline untuk menjaga Djere tetap berada di belakang. Unggulan kedua Nadal menyelamatkan empat dari lima break point yang dihadapinya, dan seiring berlalunya pertandingan, ia mulai sedikit melepaskan pukulan forehandnya.

Petenis Serbia itu terkadang juga melepaskan pukulan forehandnya, dan ia memukul lebih banyak winner daripada Nadal dengan selisih 20-19, tetapi Djere tidak memiliki senjata untuk mengekang petenis kidal itu dari permainannya.

Djere adalah lawan yang tangguh, yang memenangkan gelar ATP 500 di lapangan tanah liat di Rio Open 2019. Petenis berusia 25 tahun itu mengejar kemenangan utama Australian Open yang pertama pada upaya keempatnya.

"Saya mendoakan yang terbaik untuknya di sisa musim ini. Laslo punya catatan yang bagus. Aku mendoakan yang terbaik untuknya," pungkas Nadal.

Baca juga: Hasil Australian Open: Djokovic dan Serena lolos ke babak kedua
Baca juga: Australian Open, Zverev dibuat frustrasi Marcos Giron
Baca juga: Dilarang ke toilet, Shapovalov ngomel pada wasit

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hana Goda, gadis Mesir juara dunia tenis meja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar