Ditlantas Polda Jambi gelar pelatihan teknis tilang elektronik

Ditlantas Polda Jambi gelar pelatihan teknis tilang elektronik

Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Heru Sutopo.(ANTARA/Nanang Mairiadi)

Jambi (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi menggelar pelatihan teknis terkait kesiapan Jambi dalam menjalankan program kerja Kapolri, khususnya proses tilang elektronik yang akan diberlakukan mulai 17 Maret 2021.

"Para petugas dan anggota Ditlantas Polda Jambi dan Satlantas Polresta Jambi melaksanakan kegiatan pelatihan fungsi teknis lalu lintas dan pelayanan publik yang berbasis elektronik atau teknologi informasi dalam rangka implementasi penegakan hukum melalui penerapan 'Electronic Traffic Law Enforcement' (ETLE)," kata Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Heru Sutopo di Jambi, Jumat.

Baca juga: Satlantas Polresta Jambi uji coba tilang elektronik

Dalam pelatihan tersebut pihak Direktorat lalu lintas Polda Jambi juga menghadirkan Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kota Jambi Saleh Ridha dan Kadis Kominfo Kota Jambi Nirwan Ilyas.

"Saya berharap ke depan tidak ada lagi tilang manual tetapi sudah melalui sistem tilang elektronik atau ETLE," kata Heru Sutopo.

Baca juga: Polda Jateng diminta masifkan sosialisasi tilang elektronik

Sistem tilang elektronik secara nasional akan diberlakukan pada 17 Maret 2021, khusus di Kota Jambi sementara ini dilaksanakan oleh Satlantas Polresta Jambi karena sarana dan prasarananya sudah ada.

Kesiapan Satlantas Polresta Jambi baik kamera, server maupun jaringan sudah terkoneksi ke kamera di database. Ke depan dalam waktu dekat akan terkoneksi semuanya di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tilang elektronik efektif tekan pelanggaran

"Saya harapkan peserta pelatihan fungsi teknis sistem tilang elektronik ini dapat mendengarkan dan mengikuti dengan baik, gali dan tanyakan kepada narasumber kita yang berkaitan dengan sistem tilang elektronik, Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfo Kota Jambi sebagai narasumber serta sebagai mitra kita dalam pelaksanaan sistem tilang elektronik," katanya.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ditpolair Jambi gagalkan penyelundupan lobster Senilai Rp 14M

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar