Peran LinkAja sebagai uang elektronik nasional juga sangat penting sebagai katalisator kami untuk dapat menambah channel baru bagi masyarakat yang ingin memperoleh produk Pegadaian
Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian (Persero) secara resmi berkolaborasi dengan LinkAja dalam menghadirkan fitur layanan Pegadaian di aplikasi LinkAja sehingga dapat memudahkan nasabah dalam mengakses keuangan digital.

Melalui sinergi itu, Pegadaian dan LinkAja memudahkan layanan keuangan, khususnya produk-produk Pegadaian, termasuk di dalamnya investasi dan pinjaman modal usaha.

Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono, Rabu, mengatakan sinergi yang dilakukan Pegadaian bersama LinkAja merupakan perwujudan dalam memperluas jangkauan layanan serta memberikan "service excellence" yang fokus pada bisnis proses yang lebih sederhana dan digital.

"Peran LinkAja sebagai uang elektronik nasional juga sangat penting sebagai katalisator kami untuk dapat menambah channel baru bagi masyarakat yang ingin memperoleh produk Pegadaian," kata Teguh Wahyono dalam konferensi pers sinergi layanan keuangan Pegadaian dan LinkAja secara virtual.

Ada pun layanan Pegadaian yang dihadirkan meliputi pembukaan dan pembelian atau top up Tabungan Emas, pembayaran cicilan mikro seperti pinjaman bermotor dan pembiayaan, serta pembayaran penebusan dan pengulangan gadai.

Menurut Teguh, danya pandemi Covid-19 tidak dipungkiri turut meningkatkan adopsi transaksi digital di Indonesia. Selama tahun 2020, Pegadaian mencatatkan lebih dari 20 juta transaksi digital yang dihasilkan dari aplikasi Pegadaian Digital dan kerja sama dengan beberapa e-commerce dan platform digital lainnya.

Ia berharap pada tahun ini transaksi digital Pegadaian bisa tumbuh hingga 30 persen.

Baca juga: Menkeu: Pemerintah bentuk "holding" dukung ekosistem ultramikro

Baca juga: Ekonom: "Holding" ultramikro mudahkan mitigasi risiko kredit

Direktur Marketing LinkAja Edward Kilian Suwignyo mengatakan sinergi dengan Pegadaian diharapkan dapat membawa kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses beragam produk Pegadaian melalui LinkAja.

Dengan fokus memberikan layanan keuangan digital terutama untuk pelaku UMKM, LinkAja berharap masyarakat dapat memaksimalkan berbagai produk Pegadaian yang bermanfaat untuk investasi dan kemajuan usaha.

"Kami harap semakin banyak masyarakat yang terhubung dengan akses layanan keuangan digital, tujuan besar kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian ekonomi akan segera tercapai," kata dia.

Tidak hanya menghadirkan pembayaran elektronik untuk pembayaran cicilan dan gadai, produk Pegadaian lainnya yang dapat dinikmati oleh masyarakat di aplikasi LinkAja adalah Tabungan Emas.

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk Tabungan Emas Pegadaian memungkinkan nasabah Pegadaian maupun pengguna LinkAja melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya dengan membayar setoran awal sebesar Rp10.000.

Selain itu, sinergi ini juga memberikan akses pengajuan pinjaman dari Pegadaian yang diperuntukkan bagi pengguna LinkAja yang memenuhi kriteria dari Pegadaian.

Baca juga: Pegadaian bukukan pendapatan usaha Rp21,96 triliun sepanjang 2020

Baca juga: Bantu pemasaran, Pegadaian gandeng mitra kurir jadi agen

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021