Anak usaha Kimia Farma salurkan dana kemitraan dukung UKM mandiri

Anak usaha Kimia Farma salurkan dana kemitraan dukung UKM mandiri

Phapros Tbk menyalurkan dana kemitraan tahap I 2021 untuk mendukung pelaku UKM mandiri. ANTARA/HO-Phapros.

Kami berharap program kemitraan ini dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk mampu lebih mandiri secara finansial
Jakarta (ANTARA) - Emiten farmasi sekaligus anak usaha PT Kimia Farma Tbk, PT Phapros Tbk, menyalurkan dana kemitraan tahap I 2021 untuk mendukung pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lebih mandiri secara finansial.

Direktur Keuangan Phapros Heru Marsono mengatakan, total dana yang dikucurkan sejumlah Rp370 juta dengan menjaring 15 mitra yang memiliki usaha di Semarang, Jawa Tengah dan Bandung, Jawa Barat.  Para mitra tersebut memiliki usaha yang beragam, mulai dari makanan, toko kelontong, bengkel las listrik, pakaian, hingga percetakan.

"Kami berharap program kemitraan ini dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk mampu lebih mandiri secara finansial dan membantu peningkatan ekonomi daerah masing-masing terutama di masa pandemi COVID-19 ini," ujar Heru melalui keterangan di Jakarta, Kamis.

Program penyaluran dana kemitraan tersebut, selain merupakan bentuk komitmen Phapros untuk mengembangkan kemampuan usaha kecil agar lebih mandiri, juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga tercipta nuansa pemerataan pembangunan dan peningkatan perluasan lapangan pekerjaan di daerah.

Dia berharap para mitra binaan akan memperoleh peningkatan kemampuan dalam pengembangan pasar dan akses modal.

Heru menambahkan sejak 1997 hingga 2020, total dana kemitraan yang disalurkan telah lebih dari Rp35 miliar dengan 196 mitra binaan aktif.

Emiten berkode saham PEHA itu memfasilitasi para mitra dengan turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam ragam ajang pameran UMKM baik di taraf lokal maupun nasional, seperti ajang pameran Inacraft tiap satu tahun sekali.

Fasilitas lain yang diberikan termasuk memberikan beragam pelatihan dan studi banding untuk pengembangan bisnis UMKM dengan tujuan agar mitra binaannya semakin maju.

Baca juga: Anak usaha Kimia Farma ekspor obat ke Afghanistan dan Myanmar
Baca juga: Dirut Phapros: Inovasi jadi kunci bertahan walau ditengah pandemi
Baca juga: Permintaan naik saat COVID-19, Phapros produksi sejuta boks vitamin

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dorong UMKM naik kelas melalui transformasi digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar