Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan menggandeng penyedia jasa layanan kesehatan daring yaitu Halodoc untuk menyiapkan layanan vaksinasi secara drive thru bagi warga yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia) sehingga mempermudah proses distribusi vaksin COVID-19.

Program vaksinasi drive thru bagi lansia itu direncanakan diinisasi pada Rabu (3/3) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat dan akan meluas ke wilayah lainnya.

"Iya kita ada kerjasama dengan Halodoc untuk vaksinasi drive thru, rencananya untuk yang pertama di JIExpo Kemayoran," kata Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu saat dikonfirmasi, Senin.

Program vaksinasi drive thru itu merupakan kolaborasi antara Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran, Rumah Sakit Hermina dan juga Halodoc.

Baca juga: GoPay gandeng Halodoc untuk layanan kesehatan UMKM saat pandemi

Baca juga: Peringati Hari Jantung Sedunia, Halodoc gratiskan chat dokter jantung


Tujuan diadakannya vaksinasi drive thru itu diharapkan dapat membantu lansia di sekitar Jakarta Pusat dan Jakarta Utara sehingga dapat sejalan dengan salah satu hal yang digalakan dalam penerapan protokol kesehatan yaitu mengurangi mobilisasi.

Di samping itu juga metode drive thru juga sejalan dengan protokol kesehatan mengurangi kerumunan karena para lansia tidak perlu mengantre hingga panjang.

Dalam pelaksanaan vaksinasi drive thru bagi lansia itu Kementerian Kesehatan bertugas menyiapkan vaksin COVID-19.

Lalu bagi lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi dengan metode drive thru itu dapat menggunakan layanan aplikasi Halodoc di ponsel atau pun gawai pintarnya untuk mengatur jadwal vaksinasi yang tersedia mulai tanggal 3 Maret 2021.

Setelah mendapatkan jadwal, pengguna Halodoc dapat menerima vaksin di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran dan mendapatkan sertifikat vaksinasinya lewat aplikasi Halodoc.

"Dengan adanya Pos Pelayanan Program Vaksinasi COVID-19 secara drive thru ini, kami berharap dapat memberikan sarana yang lebih aman dan nyaman bagi para penerima vaksinasi khususnya para lansia sebagai upaya kontribusi bagi percepatan program vaksinasi COVID-19 demi terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia,” ujar CEO dan Cofounder Halodoc Jonathan Sudharta dalam konferensi pers daring, Senin.

Sebelumnya, Halodoc juga telah menggagas proses tracing dan testing untuk COVID-19 dengan metode drive thru yang kini berkembang di 20 titik yang tersebar di 11 kota di Indonesia.

Baca juga: Pengguna telemedisin kesehatan jiwa naik di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: Promo Halodoc hingga besok, konsultasi dokter cuma Rp7.500

Baca juga: Pentingnya kesehatan holistik guna mewujudkan Indonesia Sehat

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021