PT Pupuk Iskandar Muda... akan bersinergi dengan anak perusahaan lainnya dalam memasarkan produk sebagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional dan mengembangkan jangkauan korporasi ke pasar global
Banda Aceh (ANTARA) - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (persero), mengekspor 30 ribu ton pupuk urea ke Sri Lanka, negara di Asia Selatan.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman dalam keterangan tertulis di Lhokseumawe, Sabtu, mengatakan penjualan pupuk urea ke Sri Lanka merupakan implementasi program sentralisasi proses bisnis pemasaran yang dicanangkan perusahaan.

"PT Pupuk Iskandar Muda sebagai anak perusahaan Pupuk Indonesia akan bersinergi dengan anak perusahaan lainnya dalam memasarkan produk sebagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional dan mengembangkan jangkauan korporasi ke pasar global," kata Bakir Pasaman.

Baca juga: Anak usaha Pupuk Indonesia ekspor 5.000 metrik ton amoniak ke Filipina

Direktur Utama  PIM Yanuar Budinorman mengatakan ekspor urea merupakan langkah penting bagi perusahaan untuk terus tumbuh dan bermanfaat bagi negeri.

"Ekspor pupuk urea ini ke Sri Lanka, selain meningkatkan pendapatan perusahaan juga akan menambah devisa negara," kata Yanuar Budinorman.

Menurut Yanuar, PIM berada pada lokasi strategis untuk mengekspor produk karena terletak di pinggir Selat Malaka yang merupakan jalur lintasan internasional, sehingga mudah terkoneksi dengan jalur perdagangan global dan negara tujuan ekspor.

Baca juga: Semester I, Pupuk Indonesia bukukan penjualan 7,1 juta ton

"PT Pupuk Iskandar Muda akan terus meningkatkan kompetensi sebagai produsen pupuk nasional dan menjadi pendukung program ketahanan pangan nasional bersama sama dengan PT Pupuk Indonesia selaku induk perusahaan," sebut Yanuar Budinorman.

Ekspor pupuk urea ke negara di Asia Selatan tersebut dilakukan di Dermaga Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PIM, Krueng Geukueh, Aceh Utara. Dermaga tersebut memiliki kemampuan menampung kapal berkapasitas bobot mati maksimal 15 ribu ton.

Ekspor dilakukan tiga tahap, pertama 11.000 ton, dikirim pada 5 Maret 2021, tahap kedua 11.000 ton pada 20 Maret 2021, serta tahap terakhir 8.000 ton pada pertengahan April 2021.

Baca juga: PT PPI ekspor perdana pupuk nonsubsidi ke Timor Leste

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021