Jayapura (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) Vatikan, Mgr Leopoldo Girelli menurut rencana pada Minggu (13/6) mengunjungi arena perhelatan budaya akbar Festival Danau Sentani (FDS) bertemakan "Loving Culture For Our Future" di kawasan wisata Kalkote, Sentani Timur,Kabupaten Jayapura, Papua.

Hal itu disampaikan Pemimpin umat Katolik Keuskupan Jayapura, Uskup Leo Laba Ladjar,OFM kepada ANTARA di Jayapura, Kamis sehubungan dengan agenda kunjungan Nuncius Apostolik ( Dubes) Vatikan, Mgr Leopoldo Girelli ke tanah Papua pekan depan.

"Dubes Vatikan Mgr Leopoldo Girelli sudah mendapat informasi bahwa Pemerintah dan segenap komponen masyarakat Kabupaten Jayapura akan menggelar Festival Danau Sentani pada 19-23 Juni mendatang. Dalam rangkaian kunjungan kegembalaannya di Keuskupan Jayapura, beliau berencana meluangkan waktu melihat langsung persiapan pesta budaya tahunan itu," katanya.

Dubes Vatikan sangat tertarik dengan tema FDS "Loving Culture for Our Future - Cinta Budaya untuk Masa Depan Kami". Siapa yang mencintai dan melestarikan tradisi dan kebudayaannya berarti dia sudah menyiapkan masa depan bagi generasi yang menyusulinya.

Apabila kebudayaan dipahami sebagai keseluruhan hasil cipta, rasa dan karya masyarakat yang dimanfaatkan menurut karsa masyarakat itu maka pada prinsipnya Gereja Katolik Universal menghargai tradisi dan kebudayaan setempat sebagai bagian integral dari manusia dan kehidupannya.

Menurut rencana, Dubes Vatikan tiba di Jayapura pada 11 Juni mendatang untuk memulai lawatan pastoral (kegembalaan) di Keuskupan Jayapura dan Keuskupan Agung Merauke.

Selama berada di Keuskupan Jayapura, utusan Takhta Suci Vatikan itu akan menggelar temu rohani dengan para pastor, biarawati dan pemuka umat Katolik, mengunjungi Kabupaten Pegunungan Bintang untuk berdialog dengan umat Katolik di wilayah itu.

Setelah mengunjungi Keuskupan Jayapura, pada 16 Juni nanti, Dubes Vatikan melanjutkan lawatannya ke Keuskupan Agung Merauke sampai 20 Juni dan selanjutnya kembali ke Jakarta. Kegiatan di Keuskupan Agung Merauke sama dengan yang dilakukannya di Keuskupan Jayapura.

"Pada kunjungannya ke arena Festival Danau Sentani, Dubes akan menyaksikan berbagai latihan tari tradisional dan dengan menumpang sebuah kapal pesiar, Dubes dan rombongan akan mengunjungi beberapa kampung wisata yang terletak di bibir danau itu," katanya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae S.Sos.MM mengatakan, pihaknya sudah mendapat pemberitahuan dari Uskup Leo Laba Ladjar bahwa Dubes Vatikan Mgr Leopoldo Girelli berkeinginan mengunjungi arena Festival Danau Sentani dan menyaksikan berbagai persiapan yang dilakukan masyarakat setempat.

"Sebagai tuan rumah, tentu saja Pemerintah dan rakyat Kabupaten Jayapura akan menerima Dubes Vatikan dengan tangan terbuka dan hati yang tulus-ikhlas. Kita akan menerima kunjungan Dubes dalam suasana kekeluargaan dan adat-istiadat ketimuran," kata Habel Melkias Suwae.

Dia mengatakan, masyarakat Kabupaten Jayapura adalah masyarakat majemuk, baik suku maupun agama yang senantiasa hidup rukun, berdampingan satu sama lain serta bertekat melestarikan nilai-nilai tradisi dan budaya Orang Asli Papua dan budaya Nusantara.

Festival Danau Sentani merupakan momentum penguatan tradisi dan budaya itu sekaligus sebagai upaya memperkenalkan tanah Papua kepada masyarakat internasional dan memperkuat sendi-sendi perekonomian rakyat yang mayoritas bermukim di kampung-kampung.

Fstival Danau Sentani merupakan titik awal atau pintu gerbang industri pariwisata selama 365 hari. Itu berarti kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Jayapura tidak hanya berlangsung selama lima hari mulai 19 Juni dan berakhir 23 Juni 2010 melainkan akan terus berlangsung sepanjang tahun.

Festival Danau Sentani tahun 2010 merupakan yang ketiga kalinya setelah pada tahun 2008 dan 2009 pemerintah bersama semua komponen masyarakat Papua menggelar pesta budaya ini. (HLM/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010