Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah tokoh masyarakat, birokrat dan media mendapat penghargaan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang piagamnya diserahkan oleh Plt Kepala Perpusnas Hj Lilik Sulistyowati pada peringatan HUT ke-30 di Jakarta, Selasa.

Lilik dalam sambutannya menyatakan terimaksih atas peran tokoh pemerintah, nasional, daerah dan tokoh masyarakat yang telah menyumbangkan dedikasi dan pemikirannya, sehingga perkembangan perpustakaan dan gerakan gemar membaca menjadi perhatian masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

"Dengan penghargaan Perpusnas RI diharapkan dapat memotivasi perpustakaan provinsi, kabupaten/kota untuk juga memberikan perhatian di wilayahnya dengan memonitor dan mengapresiasi, kegiatan yang dilakukan tokoh masyarakat, pers/media yang mempublikasikan perpustakaan dan gemar membaca," katanya.

Lilik mengharapkan, pemerintah daerah juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap pentingnya pemanfaatan perpustakaan dan peningkatan minat baca.

HUT ke-30 Perpusnas itu bertemakan "Dengan Semangat Tri Dasawarsa Perpusnas Kita Tingkatkan Layanan Informasi Pustaka Menuju Indonesia Gemar Membaca" dan diisi diskusi panel yang menampilkan pembicara H Tb Dedy "Miing" Gumelar (Anggota Komisi X DPR), Hj Sri Sularsih (Sestama Perpusnas), Ade Irawan (ICW), Chamad Hojin (Harian Seputar Indonesia), H Dedy Junaedi (Ka Badan Perpustakaan Jabar) dan dipandu Leony Diani (TVRI).

Perhargaan Perpusnas "Nugra Jasadarma Pustaloka" diberikan kepada tokoh masyarakat, birorat atau perseorangan serta penghargaan Perpunas "Citra Darma Pustaloka" diberikan bagi insan media dan insan pers yang dinilai atas jasanya dalam pengembangan dan pemasyarakatan perpustakaan, minat baca di Indonesia.

Penerima penghargaan, antara lain H Dada Rosada,SH (Walikota Bandung, Jabar), Ir H Abdul Hafiz Hasibuan (Walikota Tebing Tinggi, Sumut), Eko Cahyono (pendiri Perpustakaan Anak Bangsa di Kabupaten Malang, Jatim), Drs Hajar Pamadhi, MA (dosen UNY Yogyakarta), dan Daisy Indira Yasmin (pendiri Perpustakaan Keliling Depok, Jabar).

Selanjunya, Parmanto, SH, Mhum (pendiri Perpustakaan Pondok Baca di Semarang), Mulyadi (pengelola Lembaga Pendidikan Swasta di Pandeglang, Banten), La Simara (pendiri Perpustakaan Umum di Boton Sultra), Harian Pikiran Rakyat, Bandung dan Harian Seputar Indonesia, Jakarta.

Selain itu, Korrie Layun Rampan (penyair, punlis cerpen, wartawan di Kaltim) dan Mulyadi Adhishupo (wartawan dan pustakawan di DI Yogyakarta).(*)
(Ant/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010