Promosi dan diskon jadi andalan untuk berbisnis kuliner secara daring

Promosi dan diskon jadi andalan untuk berbisnis kuliner secara daring

Ilustrasi - Simbol GoFood. ANTARA/GoFood/pri.

Jakarta (ANTARA) - Layanan pesan-antar makanan GoFood dan Digitarasa mengatakan bahwa adanya promosi dan diskon menjadi salah satu kiat efektif untuk memanfaatkan platform digital bagi para pelaku bisnis makanan.

"Salah satu strategi yang membuat bisnis kuliner kita jauh lebih menarik adalah dengan strategi pemasaran yang baik, termasuk lewat program promosi atau diskon. Apalagi hampir seluruh pelanggan GoFood memilih berbelanja dari restoran yang menawarkan promosi," kata Head of GoFood & Platform Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya melalui keterangannya, Rabu.

Lebih lanjut, Felicia mengatakan bahwa terdapat peluang bagi mitra usaha yang ingin menjalankan strategi promosi dengan mudah dan efektif.

Baca juga: Digitarasa himpun 1.700 pelaku UMKM kuliner di Makassar

Baca juga: Chef Arnold luncurkan akselerator Digitarasa


Pelaku usaha dapat memilih sendiri jenis promosi yang sesuai dengan target bisnisnya, seperti jenis promo ‘menu rekomendasi’ diskon di item menu, diskon total belanja, hingga diskon ongkos kirim.

"Kami mencatat bahwa mitra usaha GoFood yang mengikuti promo mengalami peningkatan penjualan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan yang tidak mengikuti promo," ujarnya.

Selain membuat promosi dengan menawarkan berbagai skema diskon, Felicia melanjutkan bahwa mitra usaha dapat mengambil kesempatan untuk terus jadi andalan pelanggan dengan menerapkan strategi rekomendasi menu, dimana mitra usaha menawarkan beberapa menu andalan secara rutin dan konsisten agar menjadi best seller.

Saat sudah mulai dikenal, menu best seller tadi bisa dikombinasikan dengan menu baru yang sedang ingin dipromosikan dalam bentuk paket.

Di tengah pandemi di mana sebagian besar pelanggan masih banyak melakukan aktivitas di rumah bersama anggota keluarga, strategi ini pun semakin efektif karena turut menjawab tren membeli makanan dalam jumlah banyak.

"Tidak kalah penting dan sering kali terlupakan oleh mitra usaha adalah tampilan menu, seperti foto, nama dan deskripsi menu, hingga pengaturan kategori, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pencarian menu andalan. Hal ini cukup sederhana tetapi dapat membuat pelanggan semakin setia membeli dari resto," kata Felicia.

Sementara itu, GoFood menghadirkan bootcamp Digitarasa Batch 3 untuk melatih puluhan pengusaha/ UMKM kuliner untuk go online serta memberikan pendampingan agar mereka terus bertumbuh.

Sebanyak 20 (dua puluh) peserta Digitarasa Batch 3 terpilih setelah melalui proses seleksi ketat dari sekitar 3000 pendaftar dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar. 

Baca juga: Program Digitarasa angkatan kedua luluskan 15 pengusaha kuliner

Baca juga: Cara jalankan bisnis kuliner saat pandemi menurut chef Arnold

Baca juga: Tips menangkan hati pelanggan ala chef Arnold Poernomo

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menjawab keresahan pengemudi ojek daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar