Ragam olahan nugget ayam ala Chef Devina Hermawan

Ragam olahan nugget ayam ala Chef Devina Hermawan

Olahan nugget ayam menjadi sushi roll ala Chef Devina Hermawan. ANTARA/Tangkapan layar Zoom.

Jakarta (ANTARA) - Mengolah nugget ayam bukan hanya sekadar digoreng dan disajikan dengan nasi putih hangat dan saus tomat atau sambal. Chef Devina Hermawan memiliki sejumlah inspirasi untuk mengolah produk siap santap ini menjadi lebih menarik dan bergizi.

"Nugget sekarang sudah memiliki banyak variasi, ada yang berisi keju, sayuran, bahkan cabai. Nugget biasanya diolah untuk bekal anak, dan dibuat menarik agar anak-anak mau menyantapnya," kata Chef Devina dalam acara peluncuran varian nugget baru Sunny Gold, yang digelar daring pada Sabtu.

"Nugget bisa digunakan sebagai topping untuk nasi goreng, bahkan menjadi isian jajanan seperti pastel. Sekarang ada pula varian nugget karaage ayam jahe merah, yang memiliki rasa gurih dan aroma unik, cocok dipadukan dengan bumbu rempah seperti hidangan Ayam Tangkap khas Aceh, dengan paduan daun-daunan seperti daun kari dan pandan," ujarnya menambahkan.

Baca juga: SMA Lumajang kembangkan nugget keong mas

Lebih lanjut, chef jebolan acara MasterChef Indonesia musim kelima itu memberikan contoh lain seperti mengolah nugget ayam menjadi isian sushi roll.

Caranya cukup mudah, pertama siapkan nugget yang telah digoreng -- secara deep frying dengan minyak goreng atau dengan udara panas seperti microwave dan air fryer.
 
Olahan nugget ayam menjadi sushi roll ala Chef Devina Hermawan. (Tangkapan layar Zoom)


Selanjutnya, siapkan bahan-bahan untuk membuat sushi roll pada umumnya seperti nasi, rumput laut kering (nori), dan aneka sayuran seperti mentimun Jepang dan wortel. Siapkan juga penggulungan nasi untuk menggulung sushi.

Siapkan penggulungan sushi, letakkan lembaran nori di atas penggulungan. Bagian mengkilap dari nori ditaruh menghadap ke bawah, taruh nasi di atas nori dan ratakan.

Baca juga: Mencicipi ragam kuliner kaya rempah khas Serambi Makkah

Susun bahan-bahan isian yang telah disiapkan. Setelah itu gulung sushi hingga semua menjadi padat. Selanjutnya, potong sushi menggunakan pisau tajam. Umumnya, satu gulungan nasi sushi dapat di bagi menjadi 8-10 potong.

Sementara itu, merek makanan siap santap Sunny Gold telah meluncurkan tiga produk terbarunya, yaitu Karaage Ayam Jahe Merah, Nugget Ayam Pedas, dan Nugget Ayam Sayuran.
 
Olahan nugget ayam menjadi kudapan ringan ala Chef Devina Hermawan. (Tangkapan layar Zoom)


"Karaage Ayam Jahe Merah ini pertama di Indonesia, diproduksi untuk kebutuhan masyarakat atas produk frozen food yang bergizi. Jahe merah mengandung anti inflamasi yang mengurangi peradangan dan nyeri pada organ tubuh yang sakit. Bahan ini juga mengandung antioksidan yang merupakan pencegah radikal bebas, dan meningkatkan daya dahan tubuh," jelas GM Sales Marketing PT Malindo Food Delight Erwin Richard.

Baca juga: Nasi uduk ungu bunga telang, cantik di mata lezat di lidah

Plant Manager PT Malindo Food Delight Geordie Mudita menambahkan, untuk dua produk nugget terbarunya memadukan daging ayam dengan bumbu berkualitas, serta irisan cabai asli untuk varian pedas, dan irisan sayuran seperti wortel, buncis, dan jagung manis di varian nugget sayuran.

"Varian mixed vegetables ini praktis untuk penuhi gizi seimbang. Nugget ini mengandung wortel, buncis, dan jagung manis yang dicampur dengan daging ayam dan bumbu pilihan," kata Geordie.

"Wortel memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata, dan mengandung serat. Buncis mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang membantu pencernaan, tinggi vitamin dan mineral. Sementara jagung kaya akan antioksidan dan menurunkan kolesterol," imbuhnya.

Ketiga varian makanan siap saji ini sudah bisa ditemukan di berbagai toko dengan kemasan 500 gram.

Baca juga: KFC gandeng perusahaan teknologi 3D Rusia "cetak" nugget ayam

Baca juga: Menu Ramadhan - Nugget ayam Korea

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kaum ibu di Aceh Utara mandiri berkat olahan daging bandeng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar