Mexico City (ANTARA News/AFP) - Meksiko pada Selasa menetapkan batas 4.000 dolar AS per bulan pada deposito bank oleh individu, sebuah tindakan yang dimaksudkan untuk menggagalkan pengedar narkoba yang menggunakan mata uang AS untuk menyembunyikan keuntungan ilegal mereka.

Pejabat juga mengenakan batas 7.000 dolar AS untuk deposito oleh perusahaan Meksiko yang membuat deposito dalam greenbacks.

Sementara orang asing yang tidak memiliki rekening bank Meksiko akan memperbolehkan untuk menukar tidak lebih dari 1.500 dolar tunai, kata Menteri Keuangan Ernesto Cordero, yang mengatakan tindakan tersebut dimaksudkan "untuk menutup jalan menuju dana haram."

Undang-undang baru berlaku untuk pertukaran mata uang dan setoran tunai, namun para pejabat mengatakan, tanpa batas tersebut akan ditempatkan pada pembelian dolar oleh individu atau bisnis.

Cordero mengatakan miliaran dari dolar obat -- mata uang pilihan di antara trafficker -- disimpan setiap tahun di bank Meksiko, menyediakan sebuah pelumas penting untuk perdagangan narkotika berkembang di negara itu.

Sebuah laporan awal bulan ini menemukan bahwa bank-bank Meksiko tanpa sadar menerima sekitar 29 miliar dolar uang di perdagangan narkoba setiap tahun, sekitar 90 persen yang datang dalam deposito kecil.(A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010