Sentani (ANTARA News) - Masyarakat kota/kabupaten Jayapura dan sekitarnya antusias menanti dimulainya pesta budaya akbar Festival Danau Sentani (FDS) tahun 2010 yang akan berlangsung mulai tanggal 19-23 Juni.

Yan Piet Tungkoye, salah seorang warga kampong Ayapo, Sentani kabupaten Jayapura mengakui, dirinya dan kampung lainnya sudah tidak sabar menantikan dimulainya pagelaran FDS 2010.

"Pasti akan banyak sekali pagelaran kesenian daerah Kabupaten Jayapura seperti, tarian, ukiran, suling tambur dan lainnya. Termasuk kami dari kampung Ayapo juga telah menyiapkan kesenian yang akan dipertontonkan saat FDS nanti," katanya di Sentani, ibukota kabupaten Jayapura, Rabu.

Yan Piet tambahkan, melihat persiapan dan keseriusan panitia FDS tahun 2010 kali ini, dirinya yakin pesta budaya yang merupakan hajatan tahunan pemerintah kabupaten Jayapura ini, akan lebih membahana dan sukses serta mendatangkan banyak pengunjung jika dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Lihat saja persiapan panitia yang begitu matang, mulai dari jalan masuk arena FDS hingga penataan stan serta kapal untuk pesiar pengunjung semua dipersiapkan. Bahkan FDS belum dimulai saja, sudah banyak warga yang berkunjung ke arenanya," terang Yan Piet.

Hal senada dikatakan salah satu staf pengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) santo Thimas Aquino, Kabupaten Jayapura, Yunus Paelo yang meyakini FDS tahun 2010 akan membawa dampak positif dalam banyak hal di daerah itu.

"Saya yakin pasti akan banyak wisatawan dalam dan luar negeri, ini bisa berdampak bagus pada iklim investasi di kabupaten Jayapura," kata Yunus Paelo.

Sementara Ketua panitia pelaksana FDS 2010, Ir Anna Sawai mengatakan, persiapan yang dilakukan menyambut perayaan FDS sudah lebih dari 90 persen.

"Kami berupaya memberikan kesan yang terbaik pada pengunjung FDS nanti," kata Anna Sawai.

FDS akan dilaksanakan pada 19 Juni -23 Juni di Pantai Kalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, kurang lebih 3 Km dari pusat Kota Sentani ibukota Kabupaten Jayapura atau dari Bandar Undara Sentani dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan, baik roda dua maupun empat dan perahu

Pada perhelatan budaya Festival Danau Sentani nanti, masyarakat Kabupaten Jayapura akan menggelar berbagai tarian tradisional dan sendra tari "keping-keping rahasia Danau Sentani" di atas perahu dan penampilan secara kolosal iringan musik rakyat, suling tambur dan lagu rakyat dengan aneka permainan rakyat termasuk tarian Nusantara.

Seluruh rangkaian lomba yang akan digelar dalam rangka FDS tidak terlepas dari tema hajatan akbar Pemerintah Kabupaten Jayapura yaitu "Loving Culture For Our Future - Cinta Budaya Untuk Masa Depan kami". (KR-MBK/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010