Liga Belanda

Hasil Liga Belanda: AZ naik posisi kedua usai kalahkan Sparta

Hasil Liga Belanda: AZ naik posisi kedua usai kalahkan Sparta

Gelandang AZ Alkmaar Dani de Wit (kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol kedua timnya ke gawang Sparta Rotterdam dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion AFAS, Alkmaar, Belanda, Sabtu (10/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS)

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar naik ke posisi kedua klasemen sementara Liga Belanda seusai mengalahkan Sparta Rotterdam 2-0 dalam laga pekan ke-29 di Stadion AFAS, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

AZ, yang tampil mendominasi 60 persen penguasaan bola sepanjang laga, membuka keunggulan mereka pada menit ke-13 saat Jordy Clasie mencetak gol lewat tembakan jarak jauh menyelesaikan umpan sodoran Jonas Svensson.

Dani de Wit menggandakan keunggulan AZ tersebut pada menit ke-66 dengan mengkonversi umpan Jesper Karlsson dari tengah kotak penalti demi menyarangkan bola ke langit-langit gawang tim tamu.

Kemenangan itu membuat AZ untuk sementara menduduki posisi kedua klasemen dengan koleksi 61 poin, menggusur PSV Eindhoven (58) yang baru main sehari berselang, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: AZ kantungi tiga poin penting selepas atasi PSV

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, Emmen memelihara asa mereka dalam persaingan menghindari degradasi setelah menang 3-1 di markas Fortuna Sittard.

Sergio Pena membuka keunggulan Emmen lewat eksekusi penalti setelah Roel Janssen melakukan pelanggaran yang juga berujung kartu merah bagi bek Fortuna itu.

Kendati tampil dengan 10 pemain, Fortuna sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-85 melalui gol Dimitrios Emmanuilidis, tetapi Emmen merestorasi keunggulan mereka melalui eksekusi penalti Glenn Bijl empat menit berselang.

Lantas, Paul Gladon mengunci kemenangan 3-1 bagi Emmen pada menit ketujuh injury time.

Kendati menang Emmen masih tertahan di urutan ke-17 klasemen, tetapi mereka kini memiliki 21 poin atau hanya terpaut satu poin dari zona aman.

Baca juga: Ajax bangkit dari ketertinggalan saat menang di markas Heerenveen

Di Stadion Erve Asito dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih dini, Heracles Almelo menang besar 4-0 atas Willem II disokong dwigol Sinon Bakis serta gol-gol dari Robin Proepper dan Rai Vloet.

Heracles naik ke posisi kedelapan klasemen, memanfaatkan kekalahan 0-1 yang diderita Twente kala melawat ke markas PEC Zwolle dalam laga lebih larut.

Heracles kini mengoleksi 39 poin, unggul dua poin atas Twente yang turun ke posisi kesembilan.

Baca juga: PSV amankan kembali posisi kedua seusai cukur Heracles

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemerintah RI akan membahas kerja sama pariwisata dengan Pemerintah Belanda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar