Kepulauan Seribu gandeng swasta kembangkan potensi pariwisata

Kepulauan Seribu gandeng swasta kembangkan potensi pariwisata

Salah satu destinasi wisata Kepulauan Seribu. ANTARA/Ho-Pemkab Kepulauan Seribu.

masyarakat maupun pihak swasta berkolaborasi dan bekerjasama
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu membuka kesempatan kerja sama bagi pihak swasta dan masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang belum terjamah di Kepulauan Seribu.

"Kami membuka kesempatan kepada masyarakat maupun pihak swasta berkolaborasi dan bekerjasama untuk menambah destinasi-destinasi wisata potensial yang ada di Kepulauan Seribu," kata Bupati Kepulauan Seribu Junaidi, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa.

Pihaknya juga telah menyelenggarakan dengar pendapat dan diskusi bersama jajaran dinas terkait dan swasta di kantor perwakilan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Dia menambahkan langkah ini selaras dengan upaya Pemkab Kepulauan Seribu yang telah melakukan beragam upaya dan terobosan-terobosan kreatif guna meningkatkan kualitas dan fasilitas wisata agar Kepulauan Seribu menjadi destinasi pilihan wisatawan.

Baca juga: Ancol luncurkan wahana wisata Kapal Phinisi hingga Kepulauan Seribu

Junaini menilai adanya mitra kerja sama akan mendongkrak kunjungan masyarakat ke kawasan Kepulauan Seribu yang tentunya akan membantu perekonomian masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu Junaidi menyambut baik rencana pihak swasta yang telah menyatakan kesediaannya untuk berpartisipasi mengembangkan pariwisata Kepulauan Seribu.

"Kami tertarik dengan pola kerja sama dan rencana kolaborasi yang disampaikan PT Paramitra 1000 Wisata untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu," katanya.

Senada dengan Bupati, Asminekbang Pemkab Pulau Seribu, Iwan Samosir turut menyambut baik hal tersebut namun menekankan bahwa ada aturan-aturan dan kewajiban-kewajiban kepada pemerintah yang harus dijalankan pihak swasta.

Baca juga: 3.018 wisatawan berkunjung ke Kepulauan Seribu saat libur Natal

Hal itu terutama saat menyusun skema kerja sama kepada pemerintah kabupaten maupun POKDARWIS setempat karena pulau-pulau di wilayah Kepulauan Seribu adalah aset daerah milik pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Paramitra 1000 Wisata, Nana Suryana mengatakan pihaknya siap menggandeng Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) setempat dan sudah melakukan penjajakan kerja sama dengan POKDARWIS Kelapa Tunggal, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara guna menggarap potensi-potensi wisata di Pulau Kelapa.

“Saat ini, kami sudah menerima dan sedang mempelajari konsep usaha wisata yang diajukan POKDARWIS Kelapa Tunggal, untuk dikolaborasikan dengan konsep kami dan disinergikan dengan konsep yang sudah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu," kata Nana.

Selain itu, Nana mengungkapkan pihaknya berterima kasih kepada Bupati Kepulauan Seribu beserta SKPD/UKPD terkait yang sudah memberikan kesempatan kepadanya untuk memaparkan itu.

Baca juga: 42 wisatawan mancanegara kunjungi Kepulauan Seribu saat PSBB Transisi

"Tujuan kami guna mendapatkan saran maupun petunjuk teknis agar dapat kami wujudkan peran aktif kami mengembangkan pariwisata Kepulauan Seribu,"katanya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pulau Untung Jawa favorit wisatawan selama PSBB transisi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar